"Gitu Aja Kok Repot " Penjelmaan Keikhlasan Gus Dur

0
49 views

Gus-dur-gitu-aja-kok-repot
JAKARTA – Pemikiran Presiden Indonesia keempat Abdurahman Wahid atau Gus Dur memang sulit dipahami. Namun, ada dua pemikiran yang mudah dipahami oleh banyak orang.

Menurut putri Gus Dur, Zanuba Arifah Chafsoh atau Yenny Wahid, salah satu diantaranya adalah sikap keikhlasan Gus Dur yang tidak mengeluh pada Allah dengan penyakit yang dideritanya.

Bahkan, sikap keikhlasan itu juga diterapkan Gus Dur dengan cara berseloroh, seperti masih terngiang diingatan dalam menjalani dan mengatasi berbagai persoalan kehidupan berbangsa, bernegara, dan beragama. Ia kerap mengeluarkan pernyataan “Gitu Aja Kok Repot.”

“Sesungguhnya humor Gus Dur bentuk penjelmaan keikhlasan Gus Dur,” katanya saat memberikan sambutan Haul ke-4 Gus Dur di kediamannya, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12/2013).

Lanjut Yenny, seloroh yang kerap dilontarkan Gus Dur itu wujud dari keikhlasan yang bertujuan untuk menganggap dan mempermudah setiap persoalan agar dihadapi dengan ikhlas.

“Itu dilakukan untuk mempermudah dalam menghadapi setiap persoalan agar lebih ikhlas,” kata dia.

Pemikiran lainnya, sambung Yenny yang mudah dipahami yakni menyangkut keberpihakannya dan terus membela yang lemah tanpa melihat agama dan sukunya. “Semua yang dipinggirkan dibela Gus Dur,” pungkasnya.

hol/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.