Jangan Pilih…Caleg dan Anggota DPRD Merangkap Jadi Kontraktor

0
45 views
main proyek
mayoritas anggota DPRD diduga jadi calo proyek bukan berita baru.

Ditengarai masih banyak oknum anggota DPRD di Kalsel dan dewan yang ada di kota/kabupaten Kalsel, diduga kuat ada beberapa oknum jadi calo proyek. Bahkan ada yang jadi kontraktor bukan cerita baru lagi.

Ironisnya, kontraktor yang berbaju politikus ini bukan makin susut tapi jumlahnya semakin beranak-pinak.

Gilanya lagi, hampir semua parpol memiliki kontraktor yang memakai jubah partai.

Kondisi ini harus dicegah dan dihentikan, caranya masyarakat diminta jangan memilih lagi para caleg yang merangkap jadi anggota DPRD dan akan mencalonkan diri.

“Para oknum anggota legislatif di daerah Kalsel dinilai belum melaksanakan fungsi pengawasan yang baik. Dari segi pelaksanaan pembangunan misalnya, kerap masyarakat menjumpai adanya mekanisme perencanaan dan pelaksanaan pembangunan yang tidak sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Penyebab utamanya, terletak pada pihak ketiga dari pemerintah yaitu rekanan atau kontraktor yang ternyata juga jadi anggota dewan,” kata Aliansyah salah satu tokoh masyarakat di Banjarmasin, Minggu.

Menurut Aliansyah, di kota/kabupaten di Kalsel beberapa anggota dewan juga sekaligus berprofesi sebagai kontraktor. Akibatnya, fungsi pengawasan yang dilakukan tidak mungkin bisa berjalan. “Yang bertindak sebagai pengawas, mereka juga sebagai kontraktor. Inikan jadi rancu,” ungkap dia.

Banyaknya anggota DPRD yang merangkap pekerjaan sebagai kontraktor sebenarnya sangat disayangkan pihaknya. Pasalnya, dalam UUD no 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah dan UUD no 27 tahun 2009 tentang susunan dan kedudukan DPR, MPR, DPD dan DPRD sangat tegas dijelaskan bahwa setiap anggota DPRD tidak dibenarkan merangkap jabatan atau melakukan pekerjaan yang anggaran atau pendanaannya bersumber dari APBN dan APBD.

ron/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here