Mantap..!! Pemprov Kalsel Antisipasi 61 Item Potensi Konflik

0
65 views

sara
BANJARMASIN, INFOBANUA – Kalimantan Selatan yang selama ini situasi dan kondisinya sangat kondusif,namun dibalik itu semua ada beberapa unsur yang perlu di waspadai dapat menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

Hal ini ditegaskan Kepala Badan Kesbangpolinmas Herman Manaf di Kalsel terdapat 61 pokok persolan yang dapat menimbulkan konflik baik konflik tertutup maupun konflik terbuka.

Besarnya potensi tersebut merupakan satu tantangan bagi pemerintah daerah dan instansi terkait lainnya untuk untuk mencegah potensi tersebut di manfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,yang berakibat pecah konflek di tengah masyarakat .

Potensi konflek yang sangat besar di daerah ini adalah kasus sengketa lahan dan perbatasan,baik antar kabupaten,kecamatan dan Desa dan bahkan antar wilayah Provinsi.

Potensi konflek lahan menurut Herman Manaf sangat besar mengingat kalsel memiliki kekayaan sumber daya alam yang besar, dan ini menjadi daya tarik untuk di jadikan isu guna memecah belah persatuan dan kesatuan masyarakat.

Pemerintah provinsi Kalsel terus memantau segala perkembangan di tengah masyarakat guna mencegah kemungkinan akan timbulnya konflik.

Menurutnya Potensi konflik menjelang pemilu 2014 akan semakin memanas,oleh karena itu pemprov dan pemkab serta pemko beserta dengan jajaran kepolisian,TNI terus melakukan pendekatan kepada masyarakat agar jangan mudah terpancing oleh isu yang mungkin timbul menjelang pemilu 2014.

Sementara itu jajaran kepolisian daerah kalsel telah siap mendukung pemerintah daerah dalam upaya pencegahan gangguan kemanan dan konflik sosial di tengah masyarakat.

Menurut Kapolda hingga saat ini kondisi kemanan di Kalsel sangat kondusif meskipun masyarakatnya sangat majemuk.

Meski demikian jajaran kepolisian tetap waspada terhadap kemungkinan timbulnya konflik di tengah masyarakat,menjaga keamanan merupakan bagian tanggung jawab kepolisian beserta dengan TNI dan instansi terkait lainnya termasuk Pemda.

Secara umum di daerah ini masyarakatnya sangat kooperatif dalam pencegahan konflik dan ini sangat di hargai oleh Kapolda.

Masyarakat Kalsel sangat rasional dan tidak mudah terprovokasi isu yang dapat menimbulkan konflik.

Meskipun ada persolan sosial di tengah masyarakat namun itu semua dapat di selesaikan dengan baik tanpa menimbulkan konflik di tengah masyarakat. ind

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.