Mayoritas Pemilih Belum Kenal caleg

0
33 views
ilustrasi wajah caleg
ilustrasi wajah caleg

JAKARTA– Mayoritas pemilih pada pemilihan umum 2014 mendatang belum mengenal calon anggota legislatif (Caleg) yang akan dipilihnya.

Hal itu terungkap melalui hasil Survei Indonesia Research Center (IRC) yang dilakukan pada September hingga Oktober 2013 di seluruh provinsi di Indonesia.

Jumlah responden dalam survei tersebut, sebanyak 16.004 orang. Survei dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka dan bantuan kuisioner. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik acak bertingkat.

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 51 persen responden mengaku belum menentukan pilihannya untuk pemilu 2014, sedangkan 49 persen responden mengaku sudah menentukan pilihan.

“Di antara mereka yang belum bisa menetapkan pilihan tersebut, sebagian besar pertimbangannya adalah karena tidak mengenal nama-nama caleg yang diajukan oleh parpol ada 51 persen responden yang tidak mengenal caleg,” tulis IRC dalam keterangan tertulis, Jumat (20/12).

Alasan lain pemilih belum menentukan pilihan karena mereka mengaku belum menerima informasi yang cukup. “33 persen mengaku belum cukup informasi, 10  persen menyatakan belum memilih karena tidak ada caleg yang bisa dipercaya,” tulis IRC.

Hal ini, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi caleg-caleg baru, karena harus mengenalkan diri kepada konstituen. “Di tataran ini para caleg harus beradu program dan mengkampanyekan apa-apa yang sudah pernah dilakukan, demi memenangkan hati warga. Ketika nama-nama caleg sudah diketahui, warga pun masih menyaring lagi, apakah mereka bisa dipercaya atau tidak ,” ungkap IRC. ugo/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.