Megawati: Wibawa Indonesia Makin Rendah

0
57 views
megawati
Megawati Soekarnoputri. (ist)

 

JAKARTA, INFOBANUA – Presiden ke-5 Republik Indonesia periode 2001-2004, Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa berbagai persoalan di Indonesia membuat wibawa bangsa Indonesia kini menjadi semakin rendah.
“Masyarakat ini kemudian merasa galau, sehingga wibawa Indonesia menjadi rendah,” kata Megawati pada seminar ‘Pekan Politik Kebangsaan’ di Jakarta, Selasa.

Megawati menilai bahwa kegalauan yang dialami oleh masyarakat Indonesia salah satunya diakibatkan pemimpin kurang mampu memberikan solusi untuk permasalahan negeri ini.

Mengutip perkataan Hasyim Muzadi, Megawati mengibaratkan Indonesia menyerupai bengkel yang oleh para pemimpin segala masalahnya dibongkar, namun tidak ada solusi untuk memperbaiki.

“Menjadi presiden itu mudah, tapi menjadi pemimpin itu sulit,” kata Megawati.

Dia kemudian menjelaskan pemimpin negara haruslah seorang negarawan, karena dia adalah orang yang terpilih untuk memimpin negara, sementara itu Megawati menilai bahwa seseorang bisa menjadi presiden dengan berbagai cara.

“Kita harus cari ‘the right man on the right place’,” tegas dia.

Megawati kemudian menambahkan bahwa seorang pemimpin juga harus kokoh, apalagi bila orang tersebut akan memimpin bangsa yang besar seperti Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.