PDIP: Indonesia Hari Ini Tidak Punya GBHN dan Tujuan yang Jelas

0
32 views
Puan Maharani. (ist)
Puan Maharani. (ist)

JAKARTA, INFOBANUA – Pimpinan partai politik berkumpul dan menyampaikan gagasan tentang perlunya menghidupkan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). PDIP menilai bangsa hari ini memang tak punya tujuan jelas sehingga berbeda dengan saat pertama berdirinya.

“Indonesia saat ini berbeda dengan periode tahun 1962, saat itu Indonesia telah menjadi inspirasi kemerdekaan bagi bangsa Asia Afrika. Pada periode itu Indonesia angkatan perang terkuat di Asia Tenggara. Bahkan peran di dunia internasional sangat jelas dengan menjadi gerakan non blok,” kata ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Hal itu disampaikan dalam Kongres Kebangsaan yang digelar Forum Pemred, di Hotel Bidakara, Pancoran, Jaksel, Selasa (10/12).

Menurut Puan, Indonesia saat dipimpin Soekarno punya konsepsi ekonomi semesta yang jelas di dalam negeri. Tapi apa yang terjadi hari ini tujuan dan konsepsi itu menjadi buram.

“Hari-hari ini kita tidak punya GBHN, arah dan tujuan bangsa tidak jelas ke mana,” kritiknya.

Semangat yang pernah dibangun pada masa Soekarno sebagai bangsa yang satu itu digerus masalah sosial seperti intoleransi dan masalah ekonomi yang pelik. Tapi yang lebih membahayakan adalah lunturnya kebanggaan sbagai satu bangsa.

“Disiplin nasional sudah merosot. Ketergantungan Indonesia pada produk impor, semua impor. Cabe impor, singkong impor, bahkan ikan teri kira impor. Hampir semua produk kebanggaan kita impor,” ujarnya.
“Sebenarnya siapa yang sudah tak dipercaya? Individu atau kita tak punya keberanian intervensi pasar yang ada,” lanjut Puan.

Apalagi menurutnya, tahun depan adalah tahun politik. Arah dan kebijakan bangsa ke depan apakah akan sibuk berpolitik atau menjaga ekonomi tetap stabil. Tidak tahu.

“Ini seperti dua keping mata uang yang jadi problem bersama,” ucapnya.

Ia menyitir kata-kata Soekarno, ‘Kini tiba saatnya bagi kita untuk meletakkan nasib bangsa ini di atas tangan kita sendiri, karena hanya bangsa besar yang berani meletakkan nasib bangsanya diatas tangan sendiri’.

“PDIP yakin sekiranya kemerdakaan tersebut bisa kita korbankan dan demokrasi politik ekonomi mampu memerdekakan rakyat miskin, maka gambaran Indonesia hebat terhampar di depan mata,” tutup ketua Fraksi PDIP itu.
det/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.