SBY itu Gamang, tak Bisa Beri Solusi

0
29 views
rhoma-irama11
Capres RI 2014 Raden Haji Oma Irama

Kandidat calon presiden (capres) Rhoma Irama mengkritik kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam penanganan konflik agama.

“Pemerintah (SBY) sekarang itu gamang karena tidak bisa memberikan solusi terhadap konflik agama,” ujar Rhoma dalam seminar Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta Pusat, Jumat (20/12/2013).

Menurutnya, ajaran Islam sudah tegas mengatakan negara yang baik ditentukan oleh dua golongan, yakni umaro (pemimpin) dan ulama (pemuka agama).

“Kalau dua golongan ini baik maka baik semuanya negara ini,” imbuhnya.

Rhoma menjelaskan dua golongan itu memiliki tugas yang berbeda. Pemimpin tidak boleh ikut campur soal ajaran agama, karena masuk ranah ulama.

Dia mencontohkan kasus aliran-aliran sesat di Indonesia. Seharusnya pemerintah tidak ikut campur menentukan aliran itu sesat atau tidak. Yang menentukan itu adalah para ulama.

“Semua agama itu memiliki aliran yang menyimpang. Nah yang menentukan itu aliran menyimpang itu para ulamannya di masing-masing agama. Nanti pemerintah hanya tinggal eksekusi saja,” jelasnya.

Raja Dangdut ini menegaskan pemerintah boleh masuk dalam ranah agama jika sudah ada konflik antaragama dan tindak kekerasan. Hal itu sudah masuk pidana.

“Kalau saya jadi presiden itu harus jelas mana domain umaro (pemimpin) dan mana ulama, umaro tidak boleh intervensi agama,” imbuhnya.

rok/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.