Survei UI: Risma Walikota Surabaya, Potensial Saingi Jokowi di Pilpres 2014

0
43 views
walikota surabaya
walikota surabaya, Risma

 

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo selalu menduduki posisi nomor wahid dalam beberapa survei elektabilitas dan popularitas capres 2014. Namun ada beberapa tokoh yang mampu menyaingi Jokowi. Tokoh yang dinilai paling potensial menyaingi Jokowi adalah Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Kehadiran Jokowi menjadikan pola capres berubah dan kurang sehat, Jokowi harus dilawan dengan kandidat-kandidat lain. Di antara kedua belas lawan tanding Jokowi, Risma menduduki pesaing teratas,” kata Ketua Laboratorium Psikologi Politik UI, Hamdi Muluk dalam surveinya bertema “Siapa lawan tanding Jokowi” di Hotel Morissey, Jl Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2013).

Responden survei ini adalah 61 pakar yang terdiri dari akademisi, pengamat politik, tokoh pers, LSM, konsultan politik, politikus, profesional serta pemuda atau mahasiswa. Survei diadakan dengan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Amaris, Jakarta Selatan pada 19 November 2013 lalu.

Metode statistik yang digunakan yaitu Delphi Methods, metode tersebut merupakan cara untuk mendapatkan informasi membuat keputusan, menentukan indikator, parameter, dan reliabel dengan mengeksplorasi ide. Dalam hal ini menggunakan penilaian dengan angka 1 yaitu paling rendah hingga tertinggi yaitu 10.

Para pakar menelorkan 21 nama, kemudian disaring menjadi 12 nama dengan kriteria berusia di bawah 55 tahun, memiliki integritas yang baik atau tidak terlibat kasus hukum, mampu menginspirasi, mempunyai prestasi, dan berasal dari kalangan birokrat, konglomerat, serta profesional. Survei juga mengabaikan unsur popularitas, elektabilitas dan pernyataan kesediaan calon untuk dicapreskan

Dalam kandidat lawan tanding Jokowi tidak hanya Risma yang berpeluang menandingi Jokowi. Dalam survei Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia itu ada 4 tokoh lain potensial menyaingi Jokowi yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Anies Baswedan, Chairul Tanjung serta Abraham Samad yang berada dalam 5 besar.

“Tri Rismaharini dan Ahok merajai kandidat lawan tanding Jokowi di Pilpres 2014, namun Risma masih di atasnya Ahok, Ahok itu masih kurang dalam stabilitas emosi. Chairul Tanjung menonjol dalam kemampuan leadership dan manajerial, Abraham Samad sangat kuat dalam moral integritasnya dan Anies Baswedan unggul dalam kemampuan politiknya,” paparnya.
Apabila partai politik ingin meraih kepercayaan publik, imbuh Hamdi, tokoh-tokoh tersebut bisa dijadikan alternatif sebagai calon presiden dan wapres.

“Kami memperkirakan jika nama-nama ini disosialisasikan dalam jangka 3 bulan mednatang, tidak menutup kemungkinan popularitas dan elektabilitasnya akan meningkat dan bersaing ketat dengan Jokowi,” tandas dia.

det/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here