Ssstt….Kemungkinan H Andi Syamsudin (Johnlin Group) Investor Proyek Jalan Tol Banjarmasin-Martapura-Batulicin

Ssstt….Kemungkinan H Andi Syamsudin (Johnlin Group) Investor Proyek Jalan Tol Banjarmasin-Martapura-Batulicin
Panglima TNI-AD Jenderal Moeldoko, H Isam (CEO Johnlin Group), Gubernur Kalsel dan Bupati Tanbu, saat peresmian Kodim Tanbu. (ist)

Panglima TNI-AD Jenderal Moeldoko, H Isam (CEO Johnlin Group), Gubernur Kalsel dan Bupati Tanbu, saat peresmian Kodim Tanbu. (ist)

 

Banjarmasin – Tampaknya diakhir masa kepemimpinan 2R (Rudy Arifin dan Rudy Resnawan) sebagai ‘Hobnor Kalsel’, beberapa proyek prestisius sedang dibidik, sebagai kado akhir masa jabatannya yang tinggal selangkah lagi.

Salah satunya, pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Banjarmasin dengan Kabupaten Martapura dan Kabupaten Batulicin.

Terkait pembangunan jalan tol di Kalsel? Hal ini diakui Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalsel Martinus, Rabu (22/1), saat ini pihaknya terus mencari investor yang tertarik mendanai pembangunan proyek jalan tol sepanjang 40 kilometer.

“Saat ini memang baru ada satu investor yang mengajukan proposal, termasuk desainnya,” ujarnya, Rabu.

Martinus mengatakan, proyek prestisius tersebut membutuhkan dana tidak kurang Rp 3 triliun dan merupakan jalan tol pertama yang ada di Kalsel.

Menurut Martinus, rencananya proyek jalan tol didanai pihak swasta, Pemprov Kalsel menawarkan mekanisme pengelolaan kepada investor pelaksana selama 25 tahun sebagai pelaksa dan operator. Setelah itu diserahkan pada pemerintah provinsi.

Martinus juga menambahkan jika proyek jalan tol ini berhasil akan  diwujudkan pembangunan jalan tol tahap kedua yang menghubungkan Kota Martapura dengan Batu Licin dengan panjang jalan 128 km.

“Sangat wajar Kalsel membangun jalan tol di karenakan tingginya pertumbuhan kendaraan setiap tahunnya yang terus meningkat,” katanya.

H Isam (Johnlin Group)

Secara terpisah, salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Simpang Empat Batulicin Tanah Bumbu,  HM Iriansyah Saberi mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung dibangunnya jalan tol antara Banjarmasin-Martapura-Batulicin.

“Ide dan keinginan pembangunan jalan tol memang kami dengar banyak dilontarkan termasuk oleh pengusaha muda Tanbu yakni H Andi Syamsudin atau yang lebih dikenal dengan H Isam CEO Johnlin Group. Bahkan kemungkinan besar Pemprov Kalsel memilih investornya memang H Isam. Bahkan jalan alternatif saya dengar sudah disiapkan di daerah Batulicin tembus perbatasan Martapura,” katanya.

Iriansyah berharap, keinginan pembangun jalan tol didukung semua pihak karena memang demi kemajuan banua Kalsel agar berkembang. “Jika jalan tol Batulicin-Martapura-Banjarmasin bisa diwujudkan, masyarakat tak perlu repot 7 jam perjalanan. Cukup 3 jam bisa sampai Kota Banjarmasin,” katanya.

Informasi yang didapat, pengusaha muda Tanbu H Isam memang sedang naik daun dengan beragam usaha yang terus dikembangkannya, sehingga sangat berkepentingan membuka akses jalan tol. Karena saat ini selain batubara. Pengusaha yang disebut-sebut terkaya di Kalsel ini juga mengembangkan dan membangun, merintis jalur penerbangan pesawat udara, pabrik semen, meubel, pabrik spare part mobil balap, pabrik aspal, pelabuhan, pelayaran, ekspedisi laut, bahkan penambangan biji besi serta beberapa jenis usaha lainnya digarapnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dibidang sosial, CRS Johnlin Group, H Isam juga telah banyak membantu masyarakat Tanah Bumbu, beasiswa pendidikan, termasuk membangun bandara, pelabuhan, jalan, sekolah, pesantren, mesjid, pembangunan infrastrukur, objek konservasi satwa dan fauna, pelestarian lingkungan, perkebunan, dll.

Bahkan pembangunan Istana Anak Yatim juga berkat suntikan dana H Isam. Termasuk memiliki andil besar menjadikan Mardani H Maming sebagai Bupati Tanbu.

ind/nik

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply