Beberapa Perusahaan Pertambangan di Kalsel PHK Ribuan Karyawan

0
53 views
pekeja tambang
pekeja tambang di Kalsel. (ist)

Banjarmasin – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel Antonius Simbbolon mengakui, angka pengangguran dari sektor pertambangan terus meningkat. Hal tersebuit terjadi di karenakan di tahun 2014 sektor pertambangan akan mengalami penurunan produksi dan ini berdampak pada pengurangan tenga kerja oleh perusahaan.

Jumlah tenaga kerja yang terdaftar di Disnakertrans saat ini mencapai 40 ribu hingga 50 ribu orang,katanya jumlah tersebut kemungkinan lebih besar mengingat masih banyak pekerja tambang yang tidak terdata pihaknya.

Penurunan produksi tambang sendiri merupakan imbas dari gejolak pasar dunia yang mengurangi permintaaan tambang dan berdampak pada penurunan aktifitas sektor pertambangan.

Antonius juga menambahkan meskipun permintaan ekspor sedikit mengalami penurunan namun upaya pemerintah dalam pemanfaatan hasil tambang untuk kebutuhan dalam negeri sekiranya akan menopang permintaan hasil tambang sehingga produksi batubara minimal dapat di pertahankan agar tidak ada pemutusan hubungan kerja.

ind

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here