Hj Lenny Rusfaida Caleg DPRD Kota Banjarmasin: "Perjuangkan Hak Wanita dan Anak"

0
42 views
Hj Lenny Rusfaida
Hj Lenny Rusfaida

Hj Lenny Rusfaida, Caleg DPRD Banjarmasin dapil 1 Banjarmasin Tengah Nomor Urut 1 dari Partai NasDem mengatakan, sampai saat ini, kouta 30 persen perempuan untuk Pileg (Pemilihan Legislatif) sebagaimana diamanatkan Undang-undang Pemilu Lesgilatif, belum terpenuhi untuk Kota Banjarmasin.

Di tingkat DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/kota, semuanya sama belum tercukupi. Karena cukup banyak Caleg perempuan masih kalah bersaing dengan laki-laki, baik dari sisi pengetahuan, sumberdaya politik maupun pengalaman dalam berpolitik.

Agar mampu bersaing, Caleg perempuan harus mampu dan peka terhadap persoalan dan kebutuhan perempuan dan anak. Seperti, masalah tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan dan Angka Kematian Bayi (AKB).

“Selain itu, juga harus mampu memperjuangkan hak-hak kaum perempuan/ kesamaan gender,” demikian Hj Lenny Rusfaida caleg DPRD Kota Banjarmasin dapil 1 Banjarmasin Tengah dari Partai NasDem Kota Banjarmasin.

Lebih lanjut istri dari H Jayadi Darham (Yongki) salah satu tokoh masyarakat di Kota Banjarmasin ini mengatakan, ada empat poin yang harus diperhatikan para Caleg perempuan. Pertama, harus memposisikan dan memerankan sebagai kampium demokrasi yang sejati. Sehingga, persaingan di pasar politik berjalan fairness;

Kedua, mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab guna meraih kemenangan secara terhormat.

Ketiga, tebar keramahan politik untuk menyapa konstituen serta keempat menjauhkan dari praktek demokrasi transaksional.

“Bila keempat point tersebut dijalankan, maka Insya Allah dalam Pemilu tahun 2014, keterwakilan 30 persen perempuan di parlemen, dapat terpenuhi”, ujarnya.

Intinya tutur wanita murah senyum ini, melalui perempuan hak kaum perempuan dan kesamaan gender terpenuhi. harus Caleg perempuan diharapkan dapat menyumbangkan berbagai pemikiran yang konstruktif demi kemajuan kaum perempuan.

nico farizki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.