BPC HIPMI Martapura Bangun ‘HIPMI Business Centre’, Yang Pertama dan Satu-satunya di Indonesia

0
193 views
gt dhia
Gusti Dhia Hidayat Ketua BPC HIPMI Kab Banjar. (ist)

 

GUSTI DHIA HIDAYAT Bbm, Bib sarjana jebolan ERC University Singapura dan International Liberty University Malaysia, USA jurusan bisnis manajemen dan bisnis Internasional ini memang masih berusia muda, 22 tahun.

Dengan lingkup pergaulan luas lajang, murah senyum dan enerjik yang juga putra Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh langsung bikin terobosan brilliant.

Begitu mendapat kepercayaan menjadi Ketua HIPMI Kab Banjar periode 2014-2017 belum lama tadi. Gusti Dhia segera membangun gedung HIPMI Business Centre di Martapura.

Jika HIPMI Business Centre terbangun, maka gedung ini merupakan satu-satunya dan yang pertama di Indonesia, gedung milik anggota HIPMI yang dibangun di ‘Kota Intan’ Martapura.

Ketika ditanyakan alasannya membangun gedung pusat bisnis HIPMI?  Ketua Bidang Sosial Yayasan Kesultanan Banjar ini menegaskan, bahwa keberadaan gedung HIPMI Business Centre itu nantinya akan dijadikan sebagai pusat pelatihan (workshop), penelitian, ajang untuk pameran hasil karya anggota dan pelaku UKM, dll.

“HIPMI Business  Centre bisa diartikan adalah etalase atau bengkel kreatif pengusaha muda di Martapura. Hasil kreasi dan karya pengusaha muda, pengusaha UKM tentu bisa dipajang dan dipamerkan di gedung serba guna itu. Kita tahu Martapura sangat memiliki potensi SDA yang melimpah, seperti batu permata, intan, aneka kerajinan, makanan, dll. Semuanya bisa di explore dan ditampilkan di gedung HIPMI ini,” ungkapnya.

Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Banjar Gusti Dhia Hidayat juga berkeinginan agar HIPMI Martapura tidak hanya berkutat dalam urusan mencari keuntungan bisnis semata, tapi juga harus bisa memberikan kontribusi yang nyata bagi pembangunan di Kabupaten Banjar.

“Untuk itu dalam waktu segera BPC HIPMI Kab Banjar membangun sebuah gedung representative yakni HIPMI Business Centre, sebuah pusat bisnis dan pusat pelatihan bagi pengusaha muda dan pelaku usaha kecil,” ujar Gusti Dhia Hidayat, ditemuai usai acara Diklatda HIPMI Kalsel di Golden Tulip Hotel Banjarmasin, Jumat (7/2).

Gusti Dhia menegaskan, sadar bahwa kepercayaan sebagai ketua sebuah amanah yang besar demi memberikan kontribusi dan sumbangsih di daerah Banjar pada khususnya dan Kalsel pada umumnya.

“Dari banua, kembali ke banua, selanjutnya kami akan menyiapkan program-program kerja yang bisa langsung dirasakan manfaatnya bagi anggota dan masyarakat Banjar”

Gusti Dhia, akan melakukan berbagai program dan upaya untuk merangsang minat pengusaha dan menumbuhkan pengusaha baru. “Kabupaten Banjar memiliki potensial SDA yang sangat beragam. HIPMI Kab Banjar akan terus melakukan terobosan nyata sehingga pariwasata di daerah ini semakin berkembang. Sehingga menumbuhkan multiplier effect, yang muaranya menggairahkan iklim dan pereknomian daerah,” ujarnya.

HIPMI Kab Banjar juga akan terus membidik kalangan mahasiswa di Martapura dan ibu rumah tangga (IRT) untuk didorong menjadi pengusaha.Target mencetak pengusaha akan diupayakan dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada mahasiswa dan IRT tentang cara memulai, mengelola dan meningkatkan usaha.

“HIPMI Kab Banjar akan melakukan pelatihan kewirausahaan dengan merangkul kalangan mahasiswa dan IRT,” ujarnya.
Gusti Dhia mengungkapkan program mencetak pengusaha baru di kalangan IRT diantaranya akan melakukan program pelatihan kepada kelompok IRT di sejumlah kelurahan/kecamatan.

 

BIODATA

Nama                         : Gusti Dhia Hidayat Bbm,Bib
Tempat/Tgl. Lahir     : Banjarmasin, 2 November 1992
Alamat Rumah         : Jl. Kenanga no 15 Martapura Kalimantan Selatan 70611
Nama Ayah               : Sultan H Khairul Saleh
Nama Ibu                  : Dra Raudatul Jannah Msi

Pendidikan Terakhir :
Sarjana Bisnis Manajemen ERC University Singapura
Sarjana Bisnis International Liberty University Malaysia, USA

BIDANG ORGANISASI PROFESI
* 2014-2017 : Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Banjar, Kalimantan Selatan

BIDANG DUNIA USAHA
* 2009- sekarang : Direktur Utama PT. Nuindo Utama

BIDANG SOSIAL/PENDIDIKAN
* 2010-Sekarang : Ketua Bidang Sosial Yayasan Kesultanan Banjar

nik/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here