Dwigol Kenmogne Menangkan Persebaya

0
41 views
Persebaya (ist)
Persebaya (ist)

 

SURABAYA – Bermain di depan pendukungnya sendiri, Bonek Mania, Persebaya Surabaya berhasil mengalahkan Mitra Kukar dengan skor 2-1. Dwigol Emmanuel Kenmogne, membuat Laskar Bajul Ijo memenangkan laga perdananya di Indonesian Super League (ISL) 2014 setelah sebelumnya bermain di IPL.

Laga di pekan perdana ISL 2014 ini mempertemukan nama-nama beken yang morat-marit di kancah sepakbola nasional. Sebut saja dari Persebaya, Ferry Rotinsulu, Manahati Lestusen, Alfin Ismail Tuasalamony, Hasim Kipuz, Leo Saputra dan Greg Nwokolo. Sementara Mitra Kukar, ada Diego Michiels, Zulkifly Syukur, Bima Sakti, dan Raphael Maitimo.

Jalannya Pertandingan

Sejak babak pertama dimulai, tuan rumah langsung menekan melalui penyerang anyar mereka yang didatangkan dari Persija Jakarta, Emmanuel Kenmogne. Ia berhasil melepaskan tembakan jarak jauh pada menit kedua, sayang bola masih membentur barisan pertahanan Mitra Kukar dan melesat keluar lapangan.

Hingga tujuh menit pertama, Bajul Ijo mendominasi permainan. Sementara, Naga Mekes, julukan Mitra Kukar hanya sesekali melakukan serangan balik.

Gol yang ditunggu publik Gelora Bung Tomo pun datang. Menit ke-16, menerima umpan Greg Nwokolo, Kenmogne membuka gol pertamanya di ISL 2014. Skor 1-0 untuk tuan rumah, Persebaya.

Namun tak butuh waktu lama untuk anak asuhan Stefan Hansson menyamakan kedudukan. Eric Weeks kembali memperlihatkan kebolehannya melakukan tendangan bebas, mengelabui Ferry Rotinsulu, bola masuk ke gawang. 1-1 Mitra Kukar menyamakan kedudukan.

Pertandingan seru berjalan dengan Persebaya melalui duet Greg-Kenmogne yang secara sporadik menebar ancaman ke gawang Joice Sorongan. Namun Diego Michiels dkk masih sigap mengamankan kotak penalti dari serbuan lawan. Skor 1-1 tetap bertahan hingga 40 menit pertandingan babak pertama.

Bajul Ijo yang ditukangi Rahmad Darmawan mendapat peluang di penghujung babak pertama. Mendapatkan tendangan bebas, Greg yang mengeksekusi bola, masih jauh melenceng. Skor akhir babak pertama tetap 1-1.

Babak kedua berjalan, Mitra Kukar langsung melakukan tekanan. Zulham M.Zamrun yang lihai dalam mengolah bola mampu menusuk ke kotak penalti Persebaya, namun O.K.John masih lebih tangguh dan dapat menghalaunya.

Menit 58, Greg mendapat peluang. Mendapat bola dari Leo Saputra, pemain yang dinaturalisasi Indonesia tersebut melakukan chip melewati Sorongan. Namun penampilan heroik Park Chul-Hyung yang menyapu bola, mampu membuat skor tetap sama, 1-1.

Antisipasi yang tidak cermat dari Dedi Gusmawan berbuah malapetaka untuk Mitra Kukar. Mendarat di kaki Alfin Tualasamony, Zulkifly Syukur harus melanggar Alfin yang mengancam gawang. Peluang pun dikonversi dengan baik oleh Kenmogne untuk mencetak gol keduanya pada pertandingan ini. 2-1 Persebaya Surabaya kembali unggul di menit 68.

Jelang akhir pertandingan, dalam tambahan tiga menit waktu yang diberikan wasit D. Purnama. Terjadi kejadian kontroversial yang sempat membuat ricuh kedua klub. Ambrizal diklaim mengenai bola dengan tangannya di kotak terlarang, namun wasit mengabaikannya.

Hingga akhir pertandingan skor tidak berubah untuk keunggulan Persebaya Surabaya, 2-1. Dua gol diciptakan bomber anyar mereka, Emmanuel Kenmogne.

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya: Ferry Rotinsulu, Ambrizal , Manahati Lestusen, Alfin Ismail Tuasalamony (Fandi Eko Utomo 85′), Hasim Kipuw, O.K. John, Leo Saputra, Patrice Nzekou, M.Ilham (Novri Setiawan 88′), Greg Nwokolo, Emmanuel Kenmogne

Mitra Kukar: Joice Sorongan, Park Chul-Hyung (Dedi Gusmawan 62′), Zulkifly Syukur, Dieho Michiels, Lobo, Erick Weeks, Bima Sakti, Raphael Maitimo, Zulham M.Zamrun, Anindito Erminarno, Jajang Mulyana (Fadhil 80′)

 

acf/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here