Waduk Bahalang Kotabaru Akan Diresmikan SBY

0
55 views
waduk-kotabaru
waduk vital bagi pertanian. (ist)

Kotabaru – Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengharapkan Waduk Gunung Bahalang dapat segera dibangun oleh PT Golden Hope Nusantara (GHN) dan diresmikan Presiden RI bertepatan puncak peringatan Hari Nusantara pada Desember 2014.

“Kami minta perusahaan PT GHN) segera memenuhi janjinya, untuk mulai membangun waduk di Gunung Bahalang, agar kelak perampungannya tepat waktu dan dapat diresmikan oleh Presiden RI,” kata Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, di Kotabaru, Minggu.

Janji pihak perusahaan, lanjut Irhami, akan mulai membangun waduk itu sekitar 14 Pebruari 2014, dengan harapan rampung sebelum Desember mendatang.

Menurut Bupati, pembangunan waduk untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kotabaru, khususnya bagi warga wilayah perkotaan yang sudah sangat mendesak.

Selain sebagai salah satu program yang mendapatkan prioritas untuk dituntaskan sesuai visi dan misi kepemimpinan Irhami-Rudy Suryana, air bersih merupakan kebutuhan yang sangat mendasar dan harus dipenuhi.

Irhami berharap, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan minyak goreng PT GHN itu segera mewujudkan janjinya membangun waduk Gunung Bahalang senilai Rp30 miliar.

Bupati juga berharap, setelah terwujud waduk tersebut bisa diresmikan oleh Presiden RI yang akan datang ke Kotabaru saat puncak Hari Nusantara yang digelar Desember 2014.

Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah dengan PT GHN terkait pembangunan waduk sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Hal tersebut merupakan upaya percepatan pembangunan pemenuhan air bersih bagi masyarakat agar segera terwujud.

Dengan dibangunnya Waduk Gunung Bahalang yang diperkirakan menelan biaya sekitar Rp30 miliar diharapkan dapat menjadi solusi ketika kemarau yang biasanya terjadi krisis air bersih.

Head of Enginering at Sime Darby Plantation, Azizi Abdul Rahman, mengatakan kepedulian tersebut merupakan langkah bersama dalam operasional perusahaan sekaligus percepatan pembangunan di Kabupaten Kotabaru.

Pembangunan Waduk Gunung Bahalang, ujar Azizi, merupakan salah satu implementasi program cummunity development (CD) atau coorporate social responsibility PT Golden Hope Nusantara kepada masyarakat di sekitar perusahaan.

Direktur PT Golden Hope Nusantara, Mumtaz Fisal, belum berhasil dikonfirmasi terkait harapan Bupati Kotabaru agar waduk bisa segera dibangun agar dapat diresmikan Presiden RI pada puncak Hari Nusantara.

ant/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here