Berternak di Lahan Sawit Untungkan Peternak Sapi

0
61 views

sapi-australia
Program peternakan sapi di lahan sawit berpotensi mambantu target swasembada daging sapi di dalam negeri. Jika program ini dipatuhi oleh seluruh pemilik lahan sawit, maka ada potensi tambahan 9 juta populasi sapi.

“Kalau masalah swasembada itung-itungannya gampang kok,” Kata Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan kepada detikFinance disela-sela kunjungan kerja ke perusahaan kelapa sawit yang ada di di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, akhir pekan ini.

Rusman menjelaskan sekarang ini populasi sapi di Indonesia sekitar 14 juta dengan produksi sapi baru per tahun 2,5 juta ekor sedangkan yang harus dipotong sekitar 3 juta ekor. Artinya ada kekurangan sekitar 500 ekor, kekurangan inilah yang masih dipenuhi melalui impor dari Australia.

Semua perusahaan kelapa sawit jumlah lahannya 9 juta hektar, apabila dengan kapasitas pengembalaan untuk sapi 1 ekor/hektar dan semua perusahaan tersebut mau menjalankan program integrasi sapi sawit maka otomatis, Indonesia punya 9 juta ekor ditambah 14 juta populasi yang sudah ada.

“Sudah lebih dari cukup itu,” kata Rusman.

Menurut Rusman integrasi sapi sawit menjadi salah satu program andalan kementerian pertanian (Kementan). Ia berkunjung ke beberapa perusahaan kelapa sawit di Kalimantan Tengah. “Kita ke sini dalam rangka mencari model (integrasi sapi sawit) terbaik yang bisa diterapkan,” katanya.

Walaupun terus mensosialisasikan program sapi sawit namun pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian hanya menyampaikan imbauan dan bukan perintah.

“Kita harapkan dengan memberi contoh-contoh yang baik mudah-mudahan perusahaan lain tertarik,” tambah Rusman.

Rusman yang didampingi Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Syukur Iwantoro dan beberapa pejabat dari kementerian pertanian mengunjungi tiga perusahaan kelapa sawit yang ada di Kalimantan Tengah yaitu PT. Surya Sawit Sejati, PT. Citra Borneo Indah dan anak perusahaannya PT. Sulung Ranch serta PT. Astra Agro Lestari.

Salah satu perusahaan tersebut yaitu PT. Sulung Ranch sudah menerapkan sapi sawit dengan baik, bahkan Rusman sempat menantang untuk menambah kapasitas sapi di tempat mereka.

Rusman dan rombongan juga sempat mendatangi kelompok ternak binaan dari Dinas Peternakan Koatawaringin Barat yang sudah menerapkan integrasi sapi sawit, bahkan mampu menjual pakan yang dibuat dari limbah industri kelapa sawit kepada peternak lain.

dtl/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here