BPJS Ketenagakerjaan Kalsel Gelar Customer Gathering, Bank Kalsel Terima Award Perusahaan Terbaik

0
98 views
penerima doorprize BPJS
Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kalsel Farid Wajedi bersama perusahaan penerima hadiah door prize, disaksikan Sekretaris Disnakertrans Kalsel Sri Wuryati dan Kabid Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kalsel, Wira Junjungan Sirait. (ist)

Banjarmasin – Guna lebih mempererat kerjasama dan membina keakraban antara BPJS ketenagakerjaan dengan perusahaan peserta, BPJS Ketenagakerjaan Kalsel menggelar costumer gatherting BPJS ketenagakerjaan Cabang Kalimantan Selatan Tahun 2014, dengan tema “Lebih dekat bersama BPJS ketenagakerjaan”.

Acara yang digelar di Hotel Mercure Selasa (24/6), dihadiri Kadisnakertrans Kalsel yang diwakili Sekretaris Disnakertrans Kalsel Sri Wuryati juga dihadiri 50 perusahaan di Kalsel.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah terbaik perusahaan atas nama Bank Kalsel yang diterima langsung Direktur Operational Bank Kalsel Drs Irfan (perusahaan penerima penghargaan piagam terbaik).

Kegiatan customer gathering juga diserahkan hadiah door prize kepada 5 perusahaan yakni,   PT Haleyora Powerindo,   PT Balimas Agroperdana, PT Surya Satriya Timur Coorporation, PT Hasnur Riung Sinergi dan PTP Nusantara XIII.

Dalam kata sambutannya Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kalsel Farid Wajedi mengatakan, acara ini berlangsung sebagai implementasi dari kegiatan kehumasan nomor B/759/052014.

“Dimana tujuan pelaksanaan acara costumer gathering ini adalah untuk menjalin dan meningkatkan hubungan baik anatara BPJS ketenagakerjaan selaku pelaksana program jaminan social kepada tenaga kerja dan kepada perusahaan selaku mitra kerja,” katanya.

Menurut Farid, dengan demikian perlu diadakan suatu forum silaturahmi yang kami buat Penyelenggaraan program jaminan social merupakan salah satu tanggung jawab dan kewajiban Negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi. Dan jaminan social salah satu aspek terpenting yang seharusnya menjadi suatu kebutuhan primer dalam meningkatkan stabilitas perekonomian guna mengatasi resiko ekonomi.

Perubahan PT Jamsostek menjadi BPJS ketenagakerjaan menimbulkan banyak pertanyaan yang meluas dikalangan masyarakat dan stakeholder, apakah dampak dari perubahan tersebut? Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam menjaga hubungan ini maka diperlukan selain dari sosialisasi juga bentuk acara yang diwujudkan dalam wadah silaturahmi, khususnya dengan perusahaan anggota BPJS ketenagakerjaan.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa efektif per 1 januari 2014 berdasarkan undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS dengan ketentuan PT Jamsostek diharuskan bertransformasi menjadi BPJS ketenagakerjaan, dari badan hokum perusahaan menjadi badan hokum public.

Dimana berdasarkan UU No. 24 tahun 2011 tentang BPJS pada pasal 5 ayat 2 menyatakanbahwa terdapat 2 BPJS yakni BPJS ketenagakerjaan (Ex PT. Jamsostek (Persero)) dan BPJS Kesehatan (Ex. PT. Askes (Persero)). Transformasi PT Jamsostek merupakan satu entitas bisnis yang dibangun dengan semangat profesionalitas yang dimiliki bersama. Sehingga mengalami perkembangan yang signifikan dari segi manfaat dan pelayanan serta kinerja investasi yang memegang prinsip dengan tetap berpegang pada tata kelola perusahaan yang baik.

Dengan transformasi PT Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan, ada 5 Perubahan yang mendasar. Yaitu perubahan badan hokum organisasi BUMN menjadi badan hokum public, perubahan perlakuan keuangan pada badan penyelenggara baik dalam hal pemisahan asset, badan penyelenggara dan peserta maupun system pelaporan keuangan.

Sebagai sumber informasi, dapat diketahui bahwa perkembangan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan Cab. Kalimantan Selatan sampai dengan 20 Juni 2014 adalah :

· Perusahaan Aktif Berjumlah : 2.424
· Tenaga Kerja Paket Aktif berjumlah : 114.399
· Peserta tenaga kerja luar hubungan kerja berjumlah : 4.570
· Proyek jasa konstuksi berjumlah : 311
Sepanjang tahun 2014 ini BPJS ketenagakerjaan juga telah membayar jaminan sebesar Rp. 11.252.101.676 yang terdiri atas :
· 27 kasus jaminan kecelakaan kerja : Rp. 768.191.151
· 25 Kasus jaminan kematian ` : RP. 525.000.000
· 1.161 Klaim jaminan hari tua : Rp. 9.958.910.165

Diharapkan melalui acara ini, bapak, ibu dan saudara sekalian dapat juga menyampaikan saran dan aspirasi dari perusahaan yang sifatnya membangun dengan tujuan kemajuan bersama sehingga tercipta hubungan yang baik antara BPJS ketenagakerjaan dengan perusahaan selaku mitra kerja kami.

rel/infoB

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.