Expo Kalsel Sarana Refleksi Pembangunan Perekonomian Daerah

0
31 views

rudy bungasBanjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Ariffin mengatakan, “Kalsel Expo” yang menjadi agenda rutin menyemarakkan Hari Jadi Provinsi ke-14 merupakan sarana membangun perekonomian daerah.

“Kalsel Expo juga menjadi salah satu upaya meningkatkan kerja sama antara pemerintah, perbankan dan dunia usaha,” ujarnya saat membuka kegiatan di lapangan Murjani Kota Banjarbaru, Jumat.

Ia mengatakan, ‘event’ tahunan yang memasuki tahun ke-14 itu digelar Pemprov Kalsel sebagai komitmen dan perhatian terhadap sektor ekonomi kerakyatan, di samping menyajikan hiburan bagi seluruh masyarakat.

Selain itu, kata dia, pameran yang menampilkan beragam produk juga sebagai sarana memberikan gambaran hasil-hasil pembangunan, baik yang telah diraih Pemprov Kalsel maupun kabupaten dan kota di provinsi itu.

“Pameran juga menampilkan hasil pembinaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah dan keberhasilan dunia usaha baik BUMN, BUMD maupun swasta sehingga saling sinergi mewujudkan kemajuan perekonomian,” ujarnya.

Menurut dia, Pemprov Kalsel menyediakan wadah promosi melalui stand-stand produk unggulan daerah, sarana komunikasi dan informasi, serta menumbuhkan semangat bagi usaha kecil menengah dan usaha sejenis.

“Diharapkan, pameran menjadi wadah promosi yang tepat bagi setiap pelaku usaha sehingga mereka lebih aktif dalam meningkatkan usaha perekonomian terutama berbasis ekonomi kerakyatan,” ujarnya.

Ditekankannya, sektor ekonomi kerakyatan pantas diandalkan sebagai penyangga perekonomian karena telah terbukti mampu bertahan di tengah badai krisis ekonomi sehingga seluruh pihak harus mendukungnya.

“Oleh karenanya, hasil-hasil ekonomi kerakyatan harus diberikan tempat dalam promosi dan pemasaran sehingga mampu berkembang lebih baik dan lebih maju agar masyarakat semakin sejahtera,” katanya.

Ketua Panitia Kalsel Expo Faridah Wariansi mengatakan, peserta yang mengikuti pameran sejak 22-29 Agustus 2014 sebanyak 130 peserta menempati 246 stand tertutup dan stand terbuka di luar ruangan.

“Jumlah peserta meningkat 49 persen dibanding tahun lalu dengan 165 stand dan diharapkan pengunjung juga semakin banyak sehingga bisa mendongkrak pendapatan peserta pameran,” katanya.
Ant/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.