Pemkab Tala ‘Angkat Bendera Putih’ Tindak Pelaku Penjarah Ikan

0
42 views

ikan laut
Pelaihari – Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tanah Laut mengaku kesulitan alias angkat bendera putih guna melakukan penindakan pelaku “ilegal fishing” atau penangkapan ikan diluar ketentuan. Celakanya, kondisi ini sudah berjalan bertahun-tahun. Alamak!!

“Karena kami tidak memiliki penyidik pegawai negeri sipil (PPNS),” kata Kasi Perlindungan dan Pengelolaan Sumber Daya keluatan dan Perikanan Dinas Keluatan dan Perikanan Tanah Laut Edy Santoso SPi, di Pelaihari, Rabu.

“Oleh karena tidak memiliki PPNS, kami tidak bisa menindaklanjuti pelaku ilegal fishing ketika kami melakukan penertiban, yang hanya bisa kami lakukan memberi peringatan saja kepada pelaku dan pelaku sendiri membuat pernyataan,” lanjutnya.

Menurut dia, pada tahun 2013 ada 12 laporan terkait ilegal fishing yang pihaknya tindaklanjuti, laporan itu terbagi dua tempat, di perairan laut dan perairan darat.

Dari laporan itu pula pihaknya tindaklanjuti untuk menertibkan pelaku dan pada akhirnya hanya peringatan saja yang bisa diberikan Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Laut (Tala).

“Kalau Dinas Kelautan dan Perikanan Tala memiliki PPNS, tentunya pelaku ilegal fishing bisa kita ditindaklanjuti ke meja hijau, karena tidak ada, ya cukup diberi peringatan dan pelaku membuat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum,” tegasnya.

Ia menambahkan, masalah lain yang pihaknya tangani, terjadinya konflik antara nelayan Tala dengan nelayan dari Jawa, hal itu disebabkan nelayan dari luar provinsi tersebut menggunakan kapal lebih canggih.

“Permasalahan konflik antar nelayan juga kami tangani dengan baik, dan ini tidak terulang lagi,” tandasnya.

Untuk itu, dia berharap, keberadaan PPNS di Dinas Kelautan dan Perikanan Tala perlu ada, sehingga apabila ada pelanggaran penangkapan ikan di wilayah Kabupaten Tanah laut bisa ditindaklanjuti ke jalur hukum.

“Mudah-mudahan ke depannya kita memiliki PPNS, sehingga pelaku ilegal fishing di Tanah Laut bisa ditindaklanjuti ke persidangan, sehingga ada efek jera bagi pelaku,” tegasnya.

Ant/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here