BP2TPM Terapkan Layanan 1 Hari Beres

0
44 views
kantor-walikota-banjarmasin
kantor-walikota-banjarmasin

Banjarmasin – Pemko Banjarmasin terus melakukan kemudahan pelayanan kepada masuyarakat. Hal ini bisa dilihat yang telah dilakukan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal (BP2TPM) dengan pla pelayanan satu hari selesai (one day service). Dimana peluncurannya akan dilakukan tanggal 24 September 2014 bertepatan peringatan HUT ke-488 Kota Banjarmasin.

Hal ini diakui, Kepala BP2TPM Kota Banjarmasin H Muhammad Ikhsan Ahlak dimana jenis dan kategori pelayanan satu hari selesai mencaku SKTU, SIUP, PDP, HO, IMB Ijin Toko Obat, Ijin Prinsip Penanaman Modal. “Kriteria perpanjangan dan perubahan data yang pelayanannya satu hari selesai, sedang pembuatan baru tetap membutuhkan waktu lebih dari satu hari,” tandasnya, Rabu (17/9).

Pelayanan sehari selesai membutuhkan sarana dan prasarana pendukung, seperti Alat Tulis Kantor (ATK), dan Sumber Daya Manusia (SDM). Pelayanan satu hari selesai bila masyarakat langsung berurusan dengan pihaknya, tanpa melalui calo atau perantara. Pelayanan mulai pukul 08.oo-11.oo wita, dan siangnya bisa diambil. Tetapi jangan melalui calo.

Ikhsan menyebutkan pelayanan satu hari selesai sudah dilakukan
ujicoba pada 21 April 2014 lalu, dan hasilnya mendapat respon positif dari masyarakat. “Bayangkan 93 jenis ijin pelayanan ada di BP2T,” katanya.

Semenjak Januari-Agustus 2014, bebernya, telah menerbitkan 9.208 ijin, dengan kontribusi Rp10,5 Miliar yang masuk ke kas daerah. “Kontribusi terbanyak dari Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) sebesar Rp6,9 Miliar, Reklame Rp2,1 Miliar dan HO sebanyak Rp1,4 Miliar,” imbuh Ikhsan.

Rel/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here