PITI Pleihari Segera Terbentuk

0
48 views
piti
logo PITI

Pleihari – Pelan tapi pasti, itulah keberadaan muslim Tionghoa yang menjadi mualaf di Pleihari saat ini jumlahnya terus bertambah hingga mencapai 100 orang lebih. Berangkat dari kondisi tersebut Hendra SH tergerak menyatukan muslim Tionghia dan mualaf berhimpun dalam wadah Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI), dahulu Pembina Iman Tauhid Islama Pleihari.

“Saat ini PITI Pleihari masih proses pembentukan, jumlah anggota terus bertambah. Insya Allah tahun 2014 kita bentuk,” tegas Hendra SH coordinator Majelis Ta’lim bagi warga Tionghoa dan mualaf di Pleihari, Rabu (17/9).

Menurut Hendra, karena didorong oleh kaum muslim Tionghoa Pleihari maka kegiatan selama ini sebelum akan dibentuknya PITI yakni melakukan pengajian rutin, majelis taklim setiap hari Rabu. “Kita secara rutin mengundang Kantor Departemen Agama Pleihari untuk bisa memberikan kuliah serta tausyiah kepada anggota muslim Tionghoa di Pleihari,” katanya.

Hendra berharap, dengan akan dibentuknya PITI Pleihari diharapkan bisa menjadi sarana silahturahmi bagi muslim Tionghoa dan mualaf. “Keberadaan PITI diharapkan menjadi wadah menyatukan kaum muslim Tionghoa untuk bisa berbuat membantu mengisi pembangunan di Pleihari khususnya spiritual keagamaan,” ujar staff DPRD Pleihari ini.

PITI sendiri kata Hendra, adalah sebuah organisasi Islam di Indonesia. Organisasi ini didirikan di Jakarta pada tanggal 14 April 1961. PITI tidak bertalian dengan organisasi sosial politik manapun. Ketua PITI saat ini adalah H. Anton Medan sementara di PITI Kalsel H Winardi Setiono.

Program PITI adalah menyampaikan tentang (dakwah) Islam khususnya kepada masyarakat keturunan Tionghoa dan pembinaan dalam bentuk bimbingan, kepada muslim Tionghoa dalam menjalankan syariah Islam baik di lingkungan keluarganya yang masih non muslim dan persiapan berbaur dengan umat Islam di lingkungan tempat tinggal dan pekerjaannya serta pembelaan/ perlindungan bagi mereka yang karena masuk agama Islam, untuk sementara mempunyai masalah dengan keluarga dan lingkungannya.

PITI sebagai organisasi dakwah sosial keagamaan yang berskala nasional berfungsi sebagai tempat singgah, tempat silahturahmi untuk belajar ilmu agama dan cara beribadah bagi etnis Tionghoa yang tertarik dan ingin memeluk agama Islam serta tempat berbagi pengalaman bagi mereka yang baru masuk Islam.

rel/infoB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.