PRENAGEN, Bantu Mencerdaskan dan Menyehatkan Ibu dan Anak Indonesia

0
203 views
Jpeg
ratusan peserta senam hamil PRENAGEN Belly dance, di Hotel Golden Tulip Banjarmasin, Minggu (12/10). (ida)

Kerap kita dengar dan baca dalam pemberitaan lewat media baik cetak dan elektronik, yang menyebutkan beberapa daerah di Indonesia Angka Kematian Ibu (AKI) hamil terus meningkat. Hal ini tentu banyak faktor yang menyebabkan begitu tingginya AKI di Indonesia setiap tahun. Beberapa faktor penyebab meningkatnya AKI, dikenal dengan sebutan “4 terlalu dan 3 terlambat”. Yakni, terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering melahirkan, terlalu banyak, terlambat mencapai fasilitas, terlambat mendapatkan pertolongan, dan terlambat mengenali tanda bahaya kehamilan dan persalinan.

Masyarakat, terutama para ibu, juga suami perlu mendapatkan lebih banyak informasi mengenai kehamilan dan persalinan, serta (dan ini sangat penting) memahaminya dengan benar. Selain itu, ketersediaan fasilitas kesehatan dan infrastruktur yang sangat tidak merata juga perlu diperbaiki. Saat ini, banyak ibu hamil harus menempuh jarak yang sangat jauh hanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas yang fasilitasnya juga belum tentu lengkap. Ini salah satu pemicu utama tingginya AKI beberapa daerah di Indonesia.
Ditengah karut marutnya persoalan kesehatan ini, ada angin segar berhembus. Ya, PT Kalbe Farma Tbk yang merupakan perusahaan internasional yang memproduksi farmasi , suplemen, nutrisi dan layanan kesehatan peduli dengan situasi sulit ini.

Lewat PRENAGEN produk nutrisi dari PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals) anak perusahaan Kalbe Farma sejak tahun 2011-2013, PRENAGEN kembali mengadakan acara terbesar melakukan kampanye kesehatan lewat program “PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” kesejumlah kota besar di Indonesia termasuk Kota Banjarmasin pada tanggal 12/10/2014 di Hotel Golden Tulip.

Program ini tentu disambut suka-cita jutaan ibu di seantero nusantara termasuk Kota Banjarmasin, karena PRENAGEN mampu memberikan informasi jelas detail kepada para ibu hamil dan ibu muda agar dapat mengenali sejak dini gejala-gejala masalah kehamilan.

“PRENAGEN Pregnancy Educational Journey” memberikan edukasi dan informasi yang bisa menyelamatkan jiwa kaum perempuan pada masa kehamilan maupun beberapa hari setelah kelahiran, dan membantu mereka mengenali tanda-tanda jika mereka maupun sang bayi memerlukan pelayanan pusat kesehatan atau rumah sakit. Sebuah ‘program cerdas’ inovatif, dan ekonomis yang bisa menjangkau kaum ibu bahkan yang tinggal di kawasan pedesaan sekalipun.

Hal ini terlihat sedikitnya 500 peserta terdiri dari ibu, calon ibu dan calon ayah, antusias mengikuti kegiatan yang bertajuk” PRENAGEN Pregnancy Educational Journey Periode Emas, Siapkan Anak ke Masa Depan di hotel ‘Golden Tulip Hotel’ Banjarmasin, Minggu (12/10). Peserta sangat antusias mengikuti sesi dialog dan senam ‘hamil’ PRENAGEN Belly Dance.

Jpeg
interavtive talkshow “Periode Emas Siapkan Anak ke Masa Depan” nara sumber dr Boy Abidin SpOG, Irene F Mongkar (pakar stimulasi anak), Sianne Permadi (Product Manager PRENAGEN) dan dr Sauki (RSUD Ulin Banjarmasin) di Golden Tulip Hotel, Minggu (12/10). foto: ida

Sesi pertama dalam acara yang diadakan oleh PT Kalbe yakni Prenagen, adalah pemberian materi interactive talkshow dengan nara sumber dr Boy Abidin SpOG serta Irene F Mongkar (dokter dan pakar stimulasi anak) yang menyampaikan materi, pentingnya nutrisi saat masa kehamilan. Sehingga para calon ibu untuk memperhatikan gizi untuk perkembangan janin di dalam kandungan. Kebiasan untuk sering makan atau porsinya ditambah akan muncul karena masa tersebut kebutuhan akan makanan makin diperlukan untuk wanita.

dr Boy Abidin menambahkan, sedangkan untuk persiapan psikologis sebagian besar wanita sangat peduli mengenai kehamilan dan proses persalinan. Minggu awal kehamilan, ibu hamil mencemaskan terjadinya abortus. “Dan pada Minggu akhir kehamilan, ibu hamil mencemaskan atau membayangkan bahwa persalinan adalah proses berbahaya dan disertai rasa nyeri hebat,”tuturnya.

dr Boy Abidin mengatakan, tentang periode emas sangat penting dalam masa pertumbuhan anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi di periode emas yaitu selain stimulasi dan nutrisi juga kesehatan fisik ibu dan imunitas. Dimana kesehatan fisik ibu sangat mempengaruhi berhasilnya periode emas ini. “Sebenarnya persiapan kehamilan dimulai sejak orangtua memiliki anak wanita karena nantinya akan menjadi calon ibu yang kuat dan sehat untuk melahirkan generasi penerus yang sehat dan kuat pula,”katanya.

Dr Boy mengatakan, periode emas atau perkembangan otak ini masanya tidak terlalu panjang yaitu 3 tahun saja, sehingga harus diperhatikan oleh wanita. Oleh karena itu cuma kecepatan optimalisasi pada otak adalah hanya 3 tahun pertama setelah melewati masa itu tidak bisa terulang lagi. “Dengan acara ini mengedukasi pada ayah dan ibu penting sekali memberikan nutrisi yang baik dan stimulasi yang baik pada janin bukan dari dia lahir tapi sejak di janin atau usia dini,”jelasnya.

Dokter yang memiliki tiga anak ini menjelaskan, bahwa pertumbuhan otak anak memerlukan gizi atau nutrisi. Apa yang kita masukkan dan makan akan menjadi diri kita. Bayi baru lahir serabut saraf otak belum banyak tapi sudah terbentuk semakin lama akan makin banyak mulai dari 1000 hari pertama atau 3 tahun pertama sejak pembuahan sangat penting.

Semakin banyak serabut otak maka imajinasi dan kreatifitas anak makin tinggi. “Jangan sampai kekurangan asam folat. Karena akan menyebabkan efek buruk hingga cacat pada anak,”ungkapnya. Sehingga sangat penting memperhatikan pada Pra natal atau sebelum kelahiran, sudah diperhatian tentang gizi, hormon, stess dan lain-lain.
Narasumber lainnya Irene F Mongkar, pakar stimulasi anak mengatakan, penting untuk memberikan stimulasi pada anak yaitu rangsangan sensorik dan motorik. Rangsangan Sensorik seperti merasakan, mencium, meraba, mendengar, melihat. Dan rangsangan motorik yaitu memberikan kesempatan berbicara, kesempatan bergerak, kesempatan menggunakan tangan.

Sedangkan bagi wanita dalam acara ini ada sesi melakukan praktek belly dance yaitu bertujuan untuk melatih panggul ibu-ibu hamil sehingga memperlancar proses melahirkan.

Product Manager PT Sanghiang Perkasa Sianne Permadi membenarkan, kegiatan ini dijadikan berbagi pengalaman kepada para calon ibu atau calon ayah pentingnya periode emas yang waktunya cukup singkat yaitu selama 3 tahun pertama. Karena PT Kalbe yang sudah 30 tahun berada di Indonesia yang telah berkompeten dan konsen dalam hal ini. Dan apalagi khususnya Prenagen syang aat ini menjadi market leader di Indonesia.

“Lewat kegiatan ini calon ibu dan calon ayah memiliki pengetahuan yang benar bagaimana, apa dan hal-hal yang perlu dilakukan untuk distimulasi, bukan saja dari segi nutrisi saja. Karena banyak yang terlambat orangtua untuk memberi stimulasi kepada anaknya ternyata sudah besar. Kegiatan bertujuan agar tercipta generasi yang sehat dan berkualitas,”jelasnya.

Menurut penuturan Sianne Permadi Product Manager PT Sanghiang Perkasa (Nutritionals Division Kalbe Farma), yang merupakan bagian dari PT KALBE Farma, Tbk., salah satu perusahaan farmasi terkemuka, di skala nasional maupun internasional. KALBE Nutritionals secara aktif melakukan pengembangan produk nutrisi, guna mempertajam komitmen layanan minuman kesehatan.

PRENAGEN hadir, dipercaya ‘pasar’ hal ini merupakan anugerah yang meski dijaga kemuliaan dan keindahannya, dan dalam setiap pertumbuhan dan perkembangannya, karena manusia dihadapkan pada titik-titik kritis yang menentukan, mulai dari dalam kandungan, masa pertumbuhan dan perkembangan, masa puncak karir, sampai usia emas saat kinerja tubuh mulai berkurang.

PRENAGEN ingin membantu dan membuktikan titik kritis kehidupan tersebut, produk KALBE Nutritionals senantiasa menemani konsumen agar bisa menikmati hidup sebagai perjalanan yang penuh berkat, sejalan dengan salah satu pernyataan misi kami, KALBE Nutritionals products in every home – produk KALBE Nutritionals hadir di setiap rumah.

Oleh karenanya, tak berlebihan PRENAGEN mampu mempersembahkan rangkaian produk nutrisi terbaik, seperti Prenagen dan Lovamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui; Milna, Morinaga dan Zee untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal buah hati; Entrasol, Nutrive Benecol dan Fitbar untuk meningkatkan kualitas hidup kaum dewasa dan kaum senior, serta Diabetasol untuk kenyamanan hidup kaum Diabetisi.

PRENAGEN terus berkomitmen memproduksi produk-produk nutrisi berkualitas terbaik dan mewujudkannya untuk Indonesia. Bahkan PRENAGEN bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan nutrisi terkemuka, seperti Morinaga Milk Industry Co. Ltd. (Morinaga Jepang) dan BENECOL (Finlandia), untuk bersama-sama memproduksi produk nutrisi terbaik, seperti susu Morinaga, yang berfokus pada produk susu formula untuk bayi dan anak (infant, follow-on dan growing-up milk), dan Nutrive BENECOL untuk pasar Indonesia.

PRENAGEN meyakini, kerjasama tersebut dapat memperkuat semangat untuk memberikan yang terbaik untuk semua konsumen. Seperti Morinaga Jepang, yang telah berdiri sejak tahun 1917, dengan produk susu Morinaga, telah membuktikan serta makin meningkatnya permintaan pasar akan produk susu Morinaga, hingga akhirnya KALBE Nutritionals dan Morinaga Jepang meresmikan pusat produksi PT KALBE Morinaga Indonesia pada tahun 2005. Hingga saat ini, PT KALBE Morinaga Indonesia, sebagai salah satu bagian fungsi manufacturing untuk KALBE Nutritionals, teguh mempertahankan komitmen untuk menyediakan produk-produk berkualitas terbaik untuk semua konsumen.
PRENAGEN, di KALBE Nutritionals, sudah mampu mewujudkan misi: We provide wellness to millions – menyediakan produk dan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Pernyataan tegas tersebut menjadi pedoman PRENAGEN karena dinilai mampu mendayagunakan kemajuan ilmu pengetahuan, dengan memberikan produk dan layanan kesehatan terbaik bagi jutaan masyarakat Indonesia khususnya, dan dunia pada umumnya.

Menghadirkan layanan terbaik untuk semua pelanggan, dan memudahkan kehidupan mereka telah menjadi aspirasi dan motivasi PRENAGEN. Hal itu tampaknya yang mendasari PRENAGEN memperluas layanan, menghadirkan kemudahan dan kepraktisan bagi pelanggan melalui strategi layanan konsumen terpadu, termasuk dengan mengahadirkan layanan konsumen KALBE Customer Care 0800-140-2000 (bebas pulsa), layanan pesan antar KALBE Home Delivery 500880, layanan pesan online KALBE e-Store (www.kalbestore.com), hingga eksistensi di ranah digital melalui kanal-kanal jejaring sosial, yang bertujuan untuk semakin mendekatkan diri, dan memudahkan para pelanggan untuk menjangkau PRENAGEN.

Rangkaian produk PRENAGEN dirancang khusus dan terlengkap, diperuntukkan mulai dari persiapan kehamilan, hamil dengan mual dan muntah, hamil, sampai menyusui. PRENAGEN hadir dengan formula baru PRENAGEN esensis nutrisi persiapan kehamilan, PRENAGEN mommy emesis nutrisi kehamilan mengurangi mual muntah, PRENAGEN mommy nutrisi masa kehamilan dan PRENAGEN lactamom nutisi masa menyusui.

Semoga PRENAGEN terus mewujudkan kehidupan terbaik bagi semua pelanggannya di nusantara. Sesuai motto nya: “Live the Best of Your Life”.
( Ida Yusnita S.Sos – wartawan infobanua.co.id )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here