Fakultas Hukum Harus Perketat Calon Mahasiswa Jurusan Hukum

0
53 views

Jakarta- Suparman Marzuki Ketua Komisi Yudisial dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, Kamis (20/11) mengatakan, perguruan tinggi dalam mencetak sarjana hukum pada fakultas hukum dinilai tidak memiliki desain strategis dalam menghasilkan sarjana hukum yang berkualitas.

“Sehingga lulusan sarjana hukum yang di hasilkan tidak memiliki kompetensi dan kualitas. Seharusnya perguruan tinggi sejak awal melakukan seleksi yang ketat sebelum mendidik calon sarjana hukum,” katanya.

Menurut Suparman, jika mengacu pada desain perguruan tinggi ilmu hukum di negara lain,sebelum memasuki perguruan tinggi calon mahasiswa di lakukan seleksi minat dan bakat untuk selanjutnya di didik dan darahkan pada bakat hukum yang dimiliki.

“Dengan tidak adanya desain program pada perguruan tinggi khususnya fakultas hukum,menyulitkan dalam pencarian calon Hakim,jaksa,pengacara yang berkualitas dan berdidikasi tinggi. Perguruan tiinggi fakultas hukum seharus tidak lepas dari tanggung jawab penyedia sumber daya manusia bidang hukum,” katanya.

ind/infobanua

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here