Harus Dibentuk UPTD Kependudukan dan Capil untuk Maksimalkan Layanan

0
148 views
khairul saleh
Kadispencapil Banjarmasin, H Khairul Saleh MSi. (ist)

Banjarmasin- Dalam upaya untuk meningkatkan pengelolaan administrasi kependudukan yang baik khususnya dalam merespon berbagai perubahan atau mutasi status kependudukan.
Saatnya dibentuk UPTD Kependudukan dan Capil Kecamatan Kota Banjarmasin, dimana unit ini bertanggung jawab dan mampu menertibkan secara administerasi menyangkut persoalan kependudukan dan catatan sipil.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Banjarmasin, H Khairul Saleh Msi, Kamis (4/12).
Disisi lain, agar setiap kejadian kependudukan hendaknya dilakukan pelaporannya secara berkala, baik mengenai pelaporan lahir, mati, datang, pergi, maupun pelaporan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan Akte Kelahiran.

“Saya berharap dan menghimbau ada pelaporan secara berkala mengenai kelahiran dan kematian atau tentang datang dan perginya seseorang maupun pelaporan kartu penduduk, kartu keluarga dan akte,” terangnya.
Selanjutnya kata Khairul, tertib administrasi kependudukan merupakan bukti kesuksesan para petugas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai petugas paling bawah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang kependudukan dan catatan sipil.
“Tertib adminitrasi kependudukan merupakan kesuksesan para petugas dalam melaksanakan tugas pokok,” pungkasnya.
Selain itu, peran Kantor Kecamatan dalam melayani urusan kependudukan dan catatan sipil juga ikut menentukan.
Yus/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here