PDAM Obsesi Wujudkan Banjarmasin "Smart City"

0
62 views
siti nursiah pdam
Humas PDAM Bandarmasih, Hj Siti Nursiah

Banjarmasin – Sebagai kota berjuluk ‘kota niaga’ Banjarmasin juga dikenal sebagai kota seribu sungai. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bandarmasih juga tak kalah ingin menjadikan kota ini sebagai “smart city” dengan membangun sarana sistem informasi teknology (TI) berbasis geospatial (multiuser).

Hal ini dibenarkan Humas PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin Hj Siti Nursiah, Selasa (30/12). “PDAM telah memasang berbagai peralatan untuk mendukung teknologi informasi yang lebih baik tersebut,” ujarnya.

Disebutkannya tak kurang dari Rp14 miliar dana yang dikeluarkan untuk membangun sistem TI yang baik tersebut, yang dipercayakan kepada pihak konsultan dengan tenaga ahli Indonesia dan Singapura.

Proses pemasangan sarana tersebut dikerjakan selama dua tahun belakangan ini, dan persis pada pergantian tahun 2014 ke 2015 yakni Rabu malam sarana tersebut sudah bisa difungsikan.

Ia mengakui sistem tersebut diutamakan untuk kebutuhan data-data PDAM sendiri, seperti untuk data pembayaran rekening pelanggan, jumlah pelanggan, dan semua data yang berkaitan dengan kinerja PDAM.

Makanya untuk memanfaatkan sistem baru yang mengganti sistem lama, pihak manajemen PDAM akan melakukan migrasi sistem pada 1-2 Januari 2015, kemudian tanggal 3 Januari 2015 uji coba internal dan paralel tes semua modul, dan 4 Januari 2015 tunning tes, katanya.

Oleh karena itu pada tanggal 1-2 Januari 2015 tak bisa dilakukan pembayaran rekening PDAM oleh pelanggan, karena masih dalam migrasi sistem, kecuali tanggal 3 Januari 2013 dan seterusnya.

Ant/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.