Penerangan Jalan Umum Liar di Komplek Perumahan Akan Ditertibkan

0
70 views
20130609_petugas-pln-benahi-kabel-listrik_6489
PETUGAS PLN BENAHI KABEL LISTRIK – Seorang petugas PLN dengan menggunakan tangga ditahan oleh rekan-rekannya membenahi kabel listrik yang semrawut.

Banjarmasin – Kantor Dinas Bina Marga Pemeritnah Kota Banjarmasin, Kalsel, segera menertibkan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dinilai liar sehingga merugikan pemerintah kota.

“Keberadaan PJU liar sungguh memberatkan karena nilai tagihan yang dibebankan ke Dinas Bina Marga oleh PLN mencapai Rp8,4 miliar,” kata Kepala Dinas Bina Marga Banjarmasin Gusti Riduan kepada wartawan di Banjarmasin, Kamis.

Sebelumnya Dinas Bina Marga Banjarmasin enggan membayar tagihan PJU liar ke PT PLN Banjarmasin. Tetapi setelah kedua belah pihak dimediasi Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarmasin, Senin (1/12), maka Dinas Bina Marga terpaksa harus membayar beban tagihan itu.

Agar kejadian serupa tidak terulang, Dinas Bina Marga Banjarmasin akan bertindak tegas menertibkan PJU liar di kompleks-kompleks perumahan.

Penertiban PJU liar itu dilakukan pihak PLN dan Bina Marga dengan prioritas di kawasan yang belum terpasang PJU meterisasi.

“Ditargetkan sebelum Februari 2015 penertiban sudah selesai,” kata Gusti Riduan Sofyan seraya menyebutkan penertiban tersebut tidak mengubah nilai tagihan PJU liar sebab tagihan listrik dihitung sejak Mei hingga November 2014.

Ia mengakui penertiban PJU liar sulit dan terkadang menimbulkan kesalahpahaman kalau masyarakat tidak mengerti, lantaran PJU liar yang terpasang adalah hasil swadaya masyarakat.

Menurut dia, selama ini pihaknya belum membayar tunggakan Rp8,4 miliar lantaran kesenjangan data yang terlampau jauh, mengingat PJU liar data PLN ada 30 ribu titik, sedangkan data Bina Marga hanya 15 ribu titik.

Apalagi, tuturnya, sejak 2011 silam Pemkot ada program meterisasi PJU yang sudah mencakup 80 persen wilayah Banjarmasin, seharusnya PJU liar berkurang bukan sebaliknya bertambah.

ani/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.