Banjarmasin Segera Miliki Perusahaan Daerah Pasar

0
60 views
pasar tradisional
ilustrasi pasar tradisional di Banjarmasin. (ist)

Banjarmasin – Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Banjarmasin Hermansyah menyatakan, pemerintah kota setempat siap mempunyai Perusahaan Daerah (PD) Pasar.

Sebab jumlah pasar tradisional yang kini dalam pengelolaan pemerintah kota (Pemkot) Banjarmasin sudah 54 buah, lanjutnya, Sabtu.

Menurut dia, dengan mekanisme pengelolaan sektor pasar di bawah dinasnya saat ini menjadi kurang menguntungkan bagi pendapatan daerah dengan jumlah pasar tradisional sebanyak 54 buah itu.

“Karena pengelolaannya disubsidi pemerintah, hingga lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan,” tutur mantan Camat Banjarmasin Tengah tersebut.

Nah, kata dia, jika sebanyak 54 pasar tradisional itu dikelola dengan sebuah PD, pastinya arah pengelolaan pasar untuk menguntungkan daerah bisa terwujud.

Selain mendapat pemasukan untuk pendapatan asli daerah (PAD) yang lebih besar, pengelolaannya juga lebih mudah dan bisa lebih maksimal, karena bersifat mandiri, tuturnya.

Ia menjelaskan, potensi pendapatan PD pasar bersumber dari retrebusi dan hasil sewa kios atau lapak yang ada di sebanyak 54 buah pasar tersebut.

“Dengan demikian, PD pasar tersebut bisa langsung jalan kalau dibentuk, dan prakteknya sekarang sudah demikian,” katanya.

Ia mengakui, pembentukan PD pasar ini masih dalam kajian mendalam, bahkan studi kelayakannya bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin.

“Dari hasil studi kelayakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam itu, kita akan mengetahui, apakah layak atau tidak membentuk PD Pasar,” demikian Hermansyah.

 

ant/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.