Empat Pilar, Pengaman NKRI

0
52 views
Sosialisasi Empat Pilar,Drs. H. Acep Adang Ruhiat, M.Si
Sosialisasi Empat Pilar,Drs. H. Acep Adang Ruhiat, M.Si

Infobanua,Tasikmalaya- Anggota Komisi IV DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat XI meliputi Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Garut, Drs. H. Acep Adang Ruhiat, M.Si kembali menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Sosialisasi empat pilar Kali ini di ikuti berbagai elemen masyarakat, di Aula Desa Cibatu Kec. Karangnunggal, Selasa (14/4/ 2015).

“Segenap elemen bangsa Indonesia tidak boleh melupakan Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara,’kata Acep Adang Ruhiat.
“Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Bangsa Indonesia harus tetap kokoh dan eksis di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”tegas Drs. H. Acep Adang Ruhiat, M.Si, di hadapan peserta maupun undangan yang menghadiri acara sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut.
Sosialisasi empat pilar kebangsaan yang diselenggarakan MPR RI diharapkan mampu meningkatkan nilai-nilai kebangsaan sehingga dapat diaplikasikan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Hadir dalam acara sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut, yakni tokoh masyarakat, tokoh kiayi, tokoh pemuda, tokoh perempuan se-wilayah Tasikmalaya Selatan meiputi Kec. Karangnunggal, Sukaraja, Cibalong, Parungponteng, Bantarkalong, Culamega, dan Cipatujah.
Anggota parlemen Partai Kebangkitan Bangsa ini menjelaskan lebih lanjut,” kebhinekaan dan perbedaan merupakan suatu hal yang tidak bisa dielakkan di dalam kehidupan bangsa Indonesia yang memang multikutural dan multietnis,oleh sebab itu, konsep Bhineka Tungga Ika akan sangat relevan untuk dapat dipertahankan dalam menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI”.
Putera pendiri Pondok Pesantren Cipasung Singaparna Tasikmalaya ini mengingatkan, jangan sampai karena ada perbedaan malah terjadi konflik horizontal. Setiap warga negara harus arif menyikapi perbedaan sebagai sebuah keharmonisan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini menekankan, empat pilar kebangsaan itulah yang harus ditanamkan di dalam jiwa setiap warga Indonesia sejak dini, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa. Penanaman dan penguatan itu harus dimulai sejak dini supaya bangsa Indonesia tetap kokoh dan terhindar dari berbagai ancaman.
“Kami anggota DPR/MPR memiliki kewajiban mensosialisasikan hal ini. Masyarakat harus dipahamkan mengenai pentingnya keutuhan NKRI,” kata Drs. H. Acep Adang Ruhiat, M.Si.
Beliau menjelaskan, Indonesia dalam keadaan terancam kalau daerah hanya memikirkan keutuhan dan kepentingan daerah sendiri. Timor Tomor sudah terbukti lepas dari NKRI, kemudian ancaman dari Aceh, Papua Kalimantan disebut telah meminta otonomi khusus diwilayahnya masing-masing.
“Jika empat pilar benar-benar diterapkan dalam kehidupan bernegara maka semuanya akan berlangsung dengan lancar,jika benar diterapkan, sangat baik sekali dampaknya untuk kehidupan. Tapi sejauh ini penerapannya belum bisa dilakukan secara baik,” Tambahnya.
Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.