Kesadaran Minim, Kebutuhan Darah di Banjarmasin Tak Pernah Cukup

0
116 views
Jpeg
Kepala Bagian Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2) Unit Donor Darah PMI Kota Banjarmasin Wiwi Triliansy Amd.Kep.SKM

 

Banjarmasin –  Minimnya kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah secara sukarela membuat Palang Merah Indonesia (PMI) tidak pernah bisa memenuhi stok darah di Kota Banjarmasin.

Menurut Kepala Bagian Pencarian Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2) Unit Donor Darah PMI Kota Banjarmasin Wiwi Triliansy Amd.Kep.SKM, Selasa (7/4),

 

“Kebutuhan darah di Banjarmasin terus meningkat, seiring populasi penduduk bertambah. Dimana kebutuhan darah setiap hari sebanyak 100 kantong lebih harus siap. Disisi lain, tingkat kesadaran sebagian besar masyarakat masin minim soal donor darah,” katanya.

Dirinya menyebutkan, masih banyak masyarakat yang harus diiming-iming sesuatu agar bersedia melakukan donor darah.
“Jadi donornya itu bersifat tanda kutip. Artinya ada iming-iming kalau ada penyelenggara baru dia donor. Jadi masih jarang secara sukarela memberikan darahnya,” ungkapnya.

Kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara sukarela hingga saat ini masih kurang. Padahal kebutuhan masyarakat terhadap darah cukup tinggi, termasuk di daerah-daerah terisolasi yang tidak memiliki akses memadai ke pusat-pusat pelayanan kesehatan.

Wiwi berharap semua pihak berupaya meningkatkan adanya para donor darah sukarela di berbagai kecamatan.
“Ketika keberadaan pendonor sukarela kurang saat butuh darah, akhirnya yang dicari donor pengganti atau anggota keluarga,” katanya.
Selain itu, Wiwi juga mengingatkan, upaya mengumpulkan darah harus terus ditingkatkan kualitasnya.
Di tengah kurangnya donor sukarela, tuturnya, perhatian pemerintah terhadap PMI sampai saat ini masih kurang. Padahal proses pengumpulan darah yang terjamin kualitasnya sekarang ini kian mahal. Kantung-kantung penyimpanan darah pun masih diimpor dan harganya saat ini mahal.
“Untuk mendapatkan darah yang bagus dan murah, mestinya ada kompensasi dari pemerintah. Memang ada kompensasi kepada PMI, tapi jauh dari mencukupi,” ujarnya.

Bagi yang tergerak untuk donor darah PMI Banjarmasin membuka pelayanan di Unit Donor Darah PMI Banjarmasin Jl A Yani 2,5 Simpang Ulin No 130 telp 3259282
Donor Pengganti (DP) 24 jam dan Donor Sukarela (DS) buka pukul 09.00 s/d 20.00 wita. Serta layanan di Depan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin buka hari Senin s/d Sabtu (kecuali Juma) jam 09.00 s/d 13.00 wita.

infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.