PAD Daerah Pengaruhi Daya Serap Program Pemberantasan Kemiskinan Nasional

0
36 views
H.Anda anggota Komisi VIII DPRRI Fraksi Gerindra
H.Anda anggota Komisi VIII DPRRI Fraksi Gerindra

Program Pemberantasan kemiskinan pemerintah pusat kerap kali mengalami daya serap yang rendah di daerah,hal ini di karenakan rendahnya kepesertaan pemerintah daerah dalam program tersebut terlebih yang melibatkan dana shering pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

H.Anda anggota Komisi VIII DPRRI Fraksi Gerindra,usai Rapat Dengar Pendapat dengean Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial mengakui hal tersebut,Selasa (21/4/2015)di komplek Parlemen senayan Jakarta.

“Kemampuan Pendapatan Asli Daerah (PAD),mempengaruhi peran serta pemerintah Daerah dalam mensukseskan program pemberantasan kemiskinan di daerah terutama sekali program pemberantasan kemiskinan yang mempergunakan pola shering dana antara pemerintah pusat dan daerah”,kata H.Anda.

Dijelaskannya Program pemeberantasan Kemiskinan Pemerintah Pusat banyak yang melibatkan dana shering dari pemerintah daerah,sementara kemampuan pendanaan daerah sangat terbatas,terlebih pada daerah yang PAD nya sangat minim.

“Seharusnya ada pengecualian atau pembedaan besaran dana shering antara pemerintah daerah yang PAD nya besar dengan Pemerintah Daerah yang PAD nya kecill’,Jelas H.Anda.

“Pemerintah daerah dengan PAD nya yang kecil tidak akan mampu berpartisipasi program pemerintah pusat,karena tidak cukup memiliki dana di APBD nya,sementara pemerintah daerah yang mememiliki PAD besar tidak jadi masalah,karena PAD yang di miliki tentu lebih besar,”Tegas H.Anda

“Jika ngin program pemerintah pusat memperoleh support dari pemerintah daerah di harapkan adanya perbedaan besaran dana shering yang di ikut sertakan dalam program antaar pemerintah daerah yang memiliki PAD besar dengan daerah yang memiliki PAD kecil”,Jelas Anda lebih lanjut.

Selanjutnya di contohkan Anda Program Keluarga Harapan (PKH) yang di gulirkan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial delapan tahun lalu,hingga kini masih ada daerah yang tidak merespon program tersebut.

Besar kemungkinan ketidak pedulian pemerintah daerah tersebut terkait dengan ketidak mampuan pemerintah daerah dalam menyiapkan alokasi dana shering pada Program tersebut.

Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here