Pemerintah Harus Benahi Fasilitas Nelayan

0
40 views
Acep Adang Ruhiat,M.si
Acep Adang Ruhiat,M.si

Fasilitas dan infrastruktur nelayan yang ada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) secara umum masih di Indonesia masih sangat jauh dari harapan.

 

H. Acep Adang Ruhiat saat melakukan kunjungan kerja spesifik bersama rombongan Komisi IV DPR ke Mamuju, Sulawesi Barat. mengatakan“Perlu kebijakan khusus untuk mendorong peningkatan fasilitas seperti SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) nelayan, alat pendingin dan kebutuhan nelayan lainnya”..

 

Kunjungan kerja spesifik ke Provinsi Sulawesi Barat, selasa (7/04/15) ini dilaksanakan dalam kerangka menjalankan tugas dan fungsi DPR, terlebih dalam bidang pengawasan. Dalam kesempatan ini, rombongan tim kunspek Komisi IV didampingi Wakil Gubernur Sulbar, Aladin S Menga.

 

Menurut H. Acep Adang Ruhiat, “Jika kita melihat kondisi fasilitas dan infrastruktur yang ada di TPI, kami harus akui masih sangat kurang, termasuk kesiapan es balok sebagai pendingin hasil tangkap nelayan. Ketersediaan alat pendingin (cool storage) untuk meminimalisir adanya hasil tangkap yang membusuk juga masih minim. Hal ini perlu mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten, provinsi hingga pemerintah pusat”.

 

Politisi F-PKB ini juga menyatakan, kunker spesifik ini juga untuk melihat realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan menyerap aspirasi terkait persoalan nelayan. Sesuai dengan fungsi dan tugas DPR, yaitu melakukan fungsi pengawasan.

 

Politisi asal Dapil Jawa Barat XI (Kab. Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kab. Garut) ini akan mencoba menerapkan temuan-temuan kunker spesifik ini untuk dikembangkan di Kab. Tasikmalaya dan Kab. Garut dimana sebagian wilayahnya memiliki pantai yang sangat panjang.

Indra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here