Polresta Banjarmasin Terapkan Surat Keterangan Kelakuan Baik Sistem Online

0
184 views
SKCK ilustrasi
SKCK ilustrasi

 

Banjarmasin – Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) Polresta Banjarmasin saat ini sedang melakukan uji coba terhadap pelaksanaan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara dalam jaringan “online”.

“Uji coba ini kami lakukan dalam waktu kurang lebih satu tahun dan tahun depan dipastikan pembuatan SKCK bisa dilakukan secara online,” ucap Kasat Intelkam Kompol Riza Muttaqim di Banjarmasin, Kamis.

Ia mengatakan uji coba pembuatan SKCK online ini untuk memastikan alat yang digunakan agar benar-benar siap nantinya saat digunakan dan tidak ada hambatan ataupun kendala lainnya.

Pembuatan SKCK secara ini bertujuan untuk mempermudah para pemohon agar tidak perlu antri dalam melakukan pembuatan dan bisa melalui fasilitas internet untuk pengisian formulir.

Selain itu dengan adanya sistem tersebut pengawasan juga mudah dilakukan dan langsung ditangani oleh petugas sehingga pemohon datang ke Polresta hanya sekedar untuk sidik jari setelah itu selesai.

“Saat ini yang sudah berjalan menggunakan sistem SKCK online baru dua Polda yaitu Polda Metro Jaya dan Polda Bali. Mudah-mudah tahun 2016 Polda Kalsel khusus Polresta Banjarmasin sudah bisa menggunakan sistem tersebut,” ujar pria yang baru saja menjabat sebagai Kasat Intelkam itu.

Riza terus mengatakan sistem kerja SKCK online itu sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja selama ada fasilitas internetnya. Pemohon tinggal buka Website SKCK lalu isi formulir.

“Semoga sistem online seperti ini bisa cepat dilaksanakan sehingg masyarakat tidak perlu lagi untuk menunggu dan antri, ini kami lakukan untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan optimal kepada masyarakat di kota ini,” tutur pria lulusan Akpol angkatan 2003 itu.

ant/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here