Kota Banjarmasin Berpeluang Raih Adipura

0
29 views

Kantor_Wali_Kota_BanjarmasinBanjarmasin – Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin Hamdi menyatakan, kotanya berpeluang besar bisa meraih piala Adipura tahun 2015.

Menurut Hamdi, di Banjarmasin, Selasa, langkah pemerintah dalam upaya menggalakkan program kebersihan dan penghijauan lingkungan membuat ibu kota provinsi Kalimantan Selatan ini dalam penilaian Adipura terus mengalami peningkatan.

“Kita memang belum dapat info lengkapnya hasil penilaian tahap dua (P2) Adipura tahun ini, tapi bocorannya ada mengalami peningkatan nilai poin,” ujarnya.

Dia mendapat bocoran pada P2 ini untuk penilaian objek puskesmas mendapat nilai lebih 85 poin, dan yang mendapat peningkatan skor nilai yang signifikan pula Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Basirih.

“Kalau nilai yang didapatkan puskesmas itu paling tinggi, sedangkan TPA dapat mengalami peningkatan nilai saya yakini karena sudah bisa menyumbang biogas kemasyarakat, dan pula pembenahan lingkungannya kini lebih bagus,” beber Hamdi.

Dia menalaah pula segi lingkungan di daerah ini yang terus mengalami kemajuan diprogram kebersihan dan penghijauan, di mana pemerintah cukup berhasil merubah wajah kota yang dulunya sangat semrawut kini lebih tertata.

“Khususnya penghijauan, di mana-mana, hingga pasar dan terminal kini diberi penghijauan, apalagi di jalan protokol,” tuturnya.

Menurut Hamdi, langkah meningkatkan program kebersihan dan lingkungan untuk setrategi meraih piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI tersebut memang harus dilakukan, karena objek penilaian Adipura tersebut memang 75 persennya terkait kebersihan lingkungan.

“Hanya 25 persennya terkait air dan udara, makanya pembenahan lingkungan ini memang sangat perlu dilakukan maksimal dan cepat hingga tercapai target nilai rata-rata minimal 73 poin setiap objeknya pada penilaian akhir nanti,” ujarnya.

Terkait kualitas sungai di Banjarmasin, Hamdi mengakui masih cukup berat bagi daerah ini melakukan pembenahan secara menyeluruh, namun segala upaya telah dilakukan dengan dilakukan diantaranya pengerukan dan pembersihan beberapa sungai, itu bisa memberi harapan meningkatnya nilai.

Harapan besar Banjarmasin bisa mendapat piala Adipura untuk pertama kalinya tahun ini, di mana berakhirnya priode wali kota saat ini, bebernya.

ant/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here