BKPRMI Kalsel Dorong Anak Memahami dan Hapal Al Quran Sejak Dini

0
36 views
kenalkan anak untuk baca Al Quran sejak dini
kenalkan anak untuk baca Al Quran sejak dini

Ketua DPW BKPRMI Provinsi Kalsel H Hermansyah mengungkapkan, program yang akan dijalankannya yakni program road show untuk membumikan Al Quran. Kaitannya menghadapi tibanya bulan suci Ramadhan disamping agar anak-anak terkontrol belajar baca tulis Al quran.

 
“BKPMRI Kalsel mendorong sedini mungkin pada anak mengenal dan memahami Al-Quran. Mengajarkan Al-Quranpada anak usia 3 tahun dapat dilakukan dengan mengenalkan, memperdengarkan, dan menghafalkan. Sesekali cobalah Anda perlihatkan Al-Quran kepada anak sebelum mereka mengenal buku-buku lain. Memperdengarkan ayat-ayat Al-Quran bisa dilakukan secara langsung atau dengan memutar kaset atau CD,” ujarnya kemarin usai dikukuhkan menjadi Ketua BKPMRI Kalsel, kemarin.

 
Herman mengatakan, untuk anak-anak yang belum lancar berbicara, Insya Allah lantunan ayat Al-Quran itu akan terekam dalam memorinya. Dan jangan heran kalau tiba-tiba si kecil lancar melafadzkan surat al-Fatihah, misalnya begitu dia bisa bicara. Jika anak-anak dibiasakan memperdengar-kan ayat-ayat Alquran, Insya Allah akan memudahkan anak menghafalkannya.

Jpeg
Hermansyah dikukuhkan menjadi Ketua BKPRMI Kalsel masa bakti 2015

 
Setelah mengenalkan dan memper-dengarkan, mulailah dengan menghafal-kan Alquran sejak anak lancar berbicara. Menghafal bisa dilakukan dengan cara sering-sering membacakan ayat-ayat tertentu kepada anak, dan latihlah anak untuk menirukannya. Hal ini dilakukan berulang-ulang sampai anak hafal di luar kepala. Masa anak-anak adalah masa meniru dan memiliki daya ingat yang luar biasa. Anda harus menggunakan kesem-patan ini dengan baik, jika tidak ingin menyesal kehilangan masa emas (golden age) pada anak.

 
Menghafal bisa dilakukan kapan saja. Usahakan di saat anak merasa nyaman. Walau demikian, hendaknya orang tua tetap mempunyai target baik tentang ayat, atau jumlah yang akan dihafal anak. Anak yang sudah terbiasa dengan hafalan Al-Quran akan lebih mudah mengikuti pelajaran, karena menghafal dapat melatih konsentrasi anak.

 

infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here