Kondisi Jalan Jalur Mudik Kalsel Mulus dan Aman 

0
46 views

 

jalan kalsel aman
akses jalan provinsi ke banua anam Kalsel mulus dan aman

Kondisi ruas jalan yang menjadi jalur mudik di Kalimantan Selatan, tersebar pada 13 kabupaten dan kota, mantap dan aman dilintasi kendaraan menjelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Muhammad Arsyadi di Banjarbaru, Sabtu, memastikan kondisi ruas jalan yang mantap dan aman dilintasi kendaraan, orang dan barang.

“Kondisi ruas jalan Kalsel mantap diatas 95 persen sehingga aman dan nyaman sebagai jalur mudik menjelang Idul Fitri yang ditandai meningkatnya arus lalu lintas,” ujarnya.

Menurut mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalsel itu, ruas jalan yang mengalami kerusakan hanya sekitar lima persen sehingga secara umum kondisi jalan mantap.

Dijelaskan, kondisi ruas jalan di Kalsel berbeda dengan jalan di daerah lain di Indonesia yang harus disiapkan menjelang Idul Fitri yang diwarnai peningkatan arus lalu lintas.

“Kondisi ruas jalan di Kalsel tidak seperti di Pulau Jawa dan Sumatra yang harus disiapkan sebelum Idul Fitri karena kondisinya sudah bagus dan aman dilintasi,” ungkapnya.

Ia mengatakan, ruas jalan di Kalsel dibagi tiga kategori yakni ruas jalan nasional yang kondisinya mantap diatas 95 persen, jalan provinsi yang mantap di atas 90 persen.

Panjang ruas jalan nasional yang tersebar pada 13 kabupaten dan kota mencapai 867 kilometer ditambah ruas jalan baru 298 kilometer dan ruas jalan provinsi mencapai 870 kilometer.

“Kerusakan ruas jalan nasional dan jalan provinsi yang tersebar diberbagai titik berupa kerusakan setempat dan kerusakan ringan diperbaiki dengan penambalan aspal,” ujarnya.

Kemudian, ruas jalan kabupaten yang kondisinya mantap berkisar 50-75 persen tetapi masih aman dan nyaman dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Perbaikan kerusakan ruas jalan kabupaten dan kota kewenangan pemerintah daerah dan kami yakni kerusakan juga telah ditangani dengan baik,” kata dia.

Ditambahkan, dinas dan instansi terkait telah mempersiapkan posko pelayanan bagi pemudik di ruas jalan yang dilintasi sehingga perjalanan lebih aman dan nyaman.

“Posko yang dijaga petugas dinas dan instansi terkait termasuk aparat keamanan akan diaktifkan menjelang Idul Fitri sehingga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik,” katanya.
Ant/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here