Harga Pokok Ikan Ditingkat Nelayan dan Konsumen Harus Diatur

0
74 views
Anggota Komisi IV DPRRI Dapil Kalimantan Selatan II Sjahrani Mataja
Anggota Komisi IV DPRRI Dapil Kalimantan Selatan II Sjahrani Mataja

Terkait masalah harga pokok penjualan ikan di tingkat nelayan hingga saat ini masih belum memiliki aturan yang jelas. menjadi pemikiran bagi anggota Komisi IV DPRRI Dapil Kalimantan Selatan II Sjahrani Mataja mengatakan dengan tidak adanya kejelasan akan pengaturan harga jual ikan di tingkat nelayan sangat merugikan para nelayan itu sendiri.

“Selama ini harga jual di tingkat nelayan tergantung dari tengkulak yang menetapkan harga”,kata Sjahrani Mataja.

Ketergantungan dengan tenggulak mengakibatkan harga jual di tingkat nelayan terhadap hasil tangkapnya menguntungkan para tenggulak dan merugikan para nelayan.

Bahkan menurut Sjahrani mataja di wialayah Papua harga jual ikan oleh nelayan kepada tenggulak ada yang berkisar Rp.5000/kg,tidak sesuai dengan biaya yang di keluarkan nelayan dalam dalam menangkap ikan.

“Untuk itulah harus ada peraturan khusus untuk penetapan harga jual ikan di tingkat nelayan dan harga eceran tertinggi di tingkat konsumen “,Kata Sjahrani Mataja.

Penetapan tersebut di maksudkan untuk memeratakan harga ikan dan mencegah permainan tenggulak terhadap para nelayan.

“Peraturan tentang harga pokok perikanan harus di terapkan jika ingin mengangkat kehidupan para nelayan dan membebasakan dari para tenggulak yang selama ini menyengsarakan para nelayan”,Pungkas Sjahrani Mataja.

Indra Samsudin Noor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here