Pembangunan Desa Harus Menyeluruh, Jangan Terpaku pada Desa Tertinggal

0
23 views
Saiful Rasyid anggota Komisi V DPRRI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya Dapil Kalimantan Selatan I
Saiful Rasyid anggota Komisi V DPRRI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya Dapil Kalimantan Selatan I

Dari 74.000 desa di Indonesia,sebanyak 35 ribu mengalami kemajuan dalam pembangunan dan 39 ribu masih dalam kategori desa tertinggal.

Melalui Program pemerintah lewat Kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi membangkitkan desa yang masih dalam kategori tertinggal dan terkebelakang.
Saiful Rasyid anggota Komisi V DPRRI Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya Dapil Kalimantan Selatan I menyayangkan program pemerintah tidak menyentuh seluruh desa,dan hanya memprioritaskan pembangunan desa tertinggal dan terkebelakang serta mengabaikan keberlanjutan pembangunan desa yang telah mengalami kemajuan dalam pembangunan.
“Seharusnya program pemerintah menyeluruh dan di peruntukkan bagi seluruh desa,tidak hanya desa yang tertinggal atau terkebelakang saja,”kata Saiful Rasyid.
Daikhawatirkan jika desa yang telah mengalami kemajuan di baikan dalam program bantuan pembangunan desa nya secara berkelanjutan,akan mengalami kemunduran dalam pembangunan yang akhirnya desa yang telah maju justru akan menjadi desa tertinggal beberapa tahun kedepan,”Jelas Saiful Rasyid.
Menurutnya,jika pemerintah berniat secara serius menjadikan seluruh desa menjadi desa yang mandiri dan maju dalam pembangunan pemerintah juga harus memperhatikan desa yang telah maju dengan tetap memberikan bantuan program pembangunan berkelanjutan untuk mempertahankan kemajuan pembangunan yang telah di capai.
Kementerian Desa,Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi sesuai dengan tugas dan fungsinya adalah mengayomi seluruh desa tidak hanya desa yang masuk dalam kategori desa tertinggal,namun desa yang telah maju dalam pembangunannya juga bagian dari tugas pemerintah dalam pengayomannya.
Jika program bagi pembangunan desa yang telah maju pembangunannya di abaikan,maka dalam beberapa tahun kedepan akan banyak desa yang kembali mengalami kemunduran dan tidakbesar kemungkinan akan kembali berubah menjadi desa tertingga,”Pungkas Saiful Rasyid.
Indra Samsudin Noor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here