Facebook Tembus Rp 3,34 Kuadriliun

Facebook Tembus Rp 3,34 Kuadriliun
Jokowi-Dan-Mark-Zuckerberg

pendiri Facebook Mark-Zuckerberg (kiri) dan Presiden RI Jokowi

Bukan cuma bernilai duit triliunan, namun nilai kapitalisasi pasar Facebook sejak melantai di bursa saham telah menembus bilangan kuadriliun alias telah melampaui seribu triliun rupiah. Lebih tepatnya lagi Rp 3,34 kuadriliun.

Angka yang diraih perusahaan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg ini merupakan nilai konversi terbaru. Dengan market cap mencapai USD 250 miliar pada perdagangan pekan lalu di Amerika Serikat, itu artinya valuasi Facebook telah mencapai Rp 3.340.500.000.000.000.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (19/7/2015), saham Facebook kini diperdagangkan di kisaran USD 90,10 per saham. Perusahaan ini juga menjadi saham pertama anggota Standard & Poor’s 500 Index yang berhasil mencetak rekor valuasi USD 250 miliar dengan waktu tercepat.

Facebook hanya membutuhkan waktu tiga tahun pasca Initial Public Offering (IPO) untuk mencetak rekor kapitalisasi pasar itu. Rekor sebelumnya dipegang oleh Google Inc. Raksasa mesin pencari internet ini butuh waktu sekitar delapan tahun setelah IPO untuk bisa mencapai valuasi saham USD 250 miliar.

Saham Facebook kala pertama melantai di bursa sempat anjlok ke level USD 28,19 per saham atau turun sekitar 26% dari penawaran harga perdananya selama dua pekan setelah IPO.

Salah satu pemicu kemerosotan saham adalah, proyeksi keuntungan Facebook di tahun 2014 yang dipangkas. Kesalahan teknis sistem bursa Nasdaq turut menyebabkan IPO Facebook ibarat mimpi buruk. IPO FAcebook telat 30 menit sehingga memicu kerugian investor.

Namun, keadaan menjadi berubah setelah Facebook meraih pendapatan iklan sebesar 46% menjadi USD 3,32 miliar per Maret 2015 lalu. Aksi Facebook membeli Whatsapp senilai USD 21,8 miliar di awal tahun 2014 turut mendongkrak pamornya.

dtk.infobanua

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan