KPU Kalsel Tolak Dukungan Golkar dan PPP

0
37 views
Jpeg
calon Gubernur Kalsel Sahbirin dan Rudy Resnawan

 

Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan menolak dukungan Partai Golkar dan PPP terhadap pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur.Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan.

Ketua KPU Provinsi Kalsel Samahuddin Muharram di Banjarmasin, Senin menyatakan, kendati begitu pihaknya masih menerima pendaftaran Sahbirin Noor dan Rudy Resnawan hanya diusung lima dari tujuh partai yang diajukan ke KPU.

Kelima Parpol pengusung yang dianggap sah dukungannya oleh KPU Kalsel itu adalah PDIP, PKS, Gerinda, PAN dan Hanura yang memiliki 22 kursi di DPRD Prov Kalsel.

“Alasan kita tidak menerima dukungan Golkar – PPP karena adanya dualisme kepemimpinan dan kami tidak menerima surat rekomendasi satu calon yang sama diajukan dari kedua pengurus parpol tersebut,” katanya.

Dijelaskan, kepengurusan Golkar yang diketahui ada dua yakni kubu Munas Bali dengan Ketum Aburizal Bakrie dan Munas Ancol dengan Ketum Agung Laksono.

Demikian pula PPP adanya kubu Muktamar Surabaya dengan Ketum M Romahurmuzy dan kubu Muktamar Jakarta dengan Ketum Djan Faridz, “Kami tidak menerima rekomendasi yang sama dari kedua parpol yang berpolemik tersebut untuk mengusung pasangan Sahbirin Noor – Rudy Resnawan,” kata Samahuddin.

Menurut dia, KPU meminta Golkar – PPP yang memiliki dua kepemimpinan untuk memenuhi syarat kesepakatan merekomendasikan calon yang sama untuk diusung hingga batas waktu Selasa (28/7) pukul 16.00 Wita.

Samahuddin menyatakan, terlepas belum bisa disahkannya dukungan dua parpol itu, pasangan Sahbirin Noor-Rudy Resnawan tetap memenuhi syarat diterima KPU mendaftar sebagai cagub dan bacawagub dengan koalisi lima parpol yang memiliki total 22 kursi di DPRD Kalsel.

Sahbirin Noor-Rudy Resnawan datang ke KPU didampingi ratusan pendukung termasuk petinggi koalisi parpol yakni Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming, Ketua DPD Gerindra H Abidin, Ketua DPD PAN Djumanhuri.

Kemudian Ketua DPD Partai Hanura Abdul Munasib Halikie, Ketua DPW PKS Ibnu Sina termasuk Ketua DPW PPP kubu M Romahurmuziy, Adtya Mufti Ariffin dan Ketua DPD Partai Golkar Kalsel kubu Aburizal Bakrie, H Hasnuryadi Sulaiman HB.

Sahbirin Noor menyatakan, pihaknya tetap mengharapkan dukungan partai Golkar dan PPP untuk tetap di dalam koalisi yang akan memenangkan mereka pada Pilkada 9 Desember 2015.

“Kita tetap sangat optimis, Golkar dan PPP tetap dalam koalisi pendukung kita,” ucapnya.

Sahbirin Noor yang merupakan pengusaha dan Rudy Resnawan yang saat ini mejabat Wakil Gubernur Kalsel merupakan bacagub dan bacawagub ketiga yang mendaftarkan diri ke KPU Kalsel, dua lainnya adalah bacagub-bacawagub independen H Muhidin (Wali Kota Banjarmasin) berpasangan dengan Gusti Farid Hasan Aman (anggota DPD RI).

Satu pasangan calon lain adalah H Zairullah Azhar (anggota DPR RI) berpasangan dengan H.M Syafi’i (mantan bupati Hulu Sungai Selatan) dua priode.

 

ant/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here