SDM Nelayan Kotabaru Belum Mampu Operasikan kapal Besar

SDM Nelayan Kotabaru Belum Mampu Operasikan kapal Besar
Anggota Komisi IV DPRRI Dapil Kalimantan Selatan II Sjahrani Mataja

Anggota Komisi IV DPRRI Dapil Kalimantan Selatan II Sjahrani Mataja

Jakarta-Info Banua.Sumber Daya Manusia yang di miliki nelayan dan masyarakat pesisir di kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan dan Sekitarnya masih sangat rendah sehingga di yakini belum mampu untuk mengoperasikan kapal nelayan yang berukuran besar.

Sjachrani Mataja anggota Komisi IV Fraksi Gerindra Dapil kalimantan Selatan II kepada Info Banua di Jakarta mengatakan kemampuan Sumber daya manusia nelayan di kabupaten Kotabaru masih sangat rendah,sehingga tidak mampu jika di berikan bantuan kapal nelayan yang berukuran besar diatas 5 Gros ton (gt).

Dalam Rapat Kerja dengan Kementerian Kelautan Dan Perikanan selasa (15/9/) di ruang rapat komisi IV DPRRI Komplek parlemen Senayan,terungkap rencana kerja dan anggaran kemeneterian untuk kembali memberikan bantuan kapal berukuran 5 gt bagi nelayan seluruh Indonesia sebanyak 3500 unit.

‘Kita bukan menolak niat baik pemerintah,namun hendaknya di sesuaikan dengan kemampuan para nelayan dan geografis wilayah”,Kata Sjachrani Mataja.

Nelayan di Kabupaten Kotabaru merupakan nelayan tradisional dan perorangan,kapal yang di pergunakanpun berukuran yang sangat kecil.Wilayah tangkap hanya di sekitar pesisir dan perairan di kabupaten korta baru sekitarnya.

“Jika di berikan kapal yang berukuran lebih besar di khawatirkan nelayan tidak dapat mengoperasionalkan dan memanajemen penggunaan kapal tersebut,ini akan mubajir”,Tegas Sjachrani.

Pihaknya selaku wakil dari kotabaru di parlemen meminta pemerintah dalam hal ini kementerian Kelautan dan Perikanan untuk dapat mengganti rencana bantuan kapal besar tersebut dengan kapal yang lebih kecil khusus untuk nelayan di kabupten Kotabaru dan sekitarnya.

“Selain kapal yang ukuran lebih kecil bantuan yang sangat di perlukan oleh nelayaan saat ini adalah motor penggerak perahu,dua bantuan itu di nilai lebih tepat dan bermanfaat bagi nelayan di kabupaten Kotabaru dan sekitarnya”.Pungkas Sjachrani Mataja kepada Info Banua.

Indra Samsudin Noor

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan