Alih Fungsikan Lahan Terlantar Bekas Perusahaan Untuk Lahan Pertanian

0
35 views
Anggota DPRRI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Selatan II,Drs.H.M Dardiansyah
Anggota DPRRI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan Selatan II,Drs.H.M Dardiansyah

Kotabaru-Info Banua.Anggota DPRRI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Dapil Kalimantan selatan II,M Dardiansyah saat kunjungan reses di Kabupaten Kotabaru,senin (9/11),mendesak pemerintah pusat memperluas lahan pertanian di Kalimantan Selatan khususnya di daerah Kabupaten Tanah Laut,Tanah Bumbu dan Pulau Laut.

Menurutnya banyak lahan di tiga kabupaten tersebut yang belum di berdayakan secara maksimal,sementara pemerintah mencanangkan ketahanan pangan dengan meningkatkan produksi pertanian.

“Bagaimana produksi pertanian akan meningkat sementara masih banyak lahan tidur yang belum di berdayakan secara maksima”,kata Dardiansyah.

“Untuk tiga wilayah tersebut selain kawasan hutan yang telah rusak,juga banyak kawasan Tambang yang tidak lagi di berdayakan,ini memiliki potensi untuk di ambil alih dan di berdayakan oleh masyarakat untuk lahan pertanian”,Jelasnya

Jika lahan kawasan hutan dan bekas galian tambang tersebut dapat di manfaatkan kembali untuk lahan pertanian maka banyak lahan kritis yang dapat di berdayakan sebagai lahan pertanian dan produksi pertanian di yakini akan dapat meningkat.

“Jika melihat kawasan pertanian yang saat ini di berdayakan masyarakat masih sangat kecil bagaimana mungkin dapat meningkatkan produksi pertanian,sementara lahan bekas perusahaan yang di tinggalkan dan dapat di berdayakan untuk pertanian tidak di manfaatkan secara maksimal”,kata Dardiansyah.

Pemerintah di minta untuk dapat mengelola lahan bekas tambang untuk di alih fungsikan sebagai lahan pertanian dan di serahkan kepada masyarakat untuk di kelola menjadi lahan pertanian yang produktif.

Untuk saat ini masyarakat masih belum memberdayakan kawasan tersebut karena masih di kuasai oleh perusahaan,dan ini yang harus segera di selesaikan oleh pemerintah pusat agar dapat di kelola masyarakat untuk lahan pertanian.

“Pemerintah harus segera ambil alih lahan yang di tinggalkan oleh perusahaan dan diserahkan kepada masyarakat untuk dapat di kelola dan di tetapkan sebagai lahan pertanian guna peningkatan produksi pertanian di Kalimantan Selatan”,Pungkas M.Dardiansyah.

Indra Samsudin Noor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here