Meski KMP dan KIH 'Cakar'cakaran' Masyarakat Bisa Hidup Tanpa Pemerintah !

0
28 views

emhaBudayawan Emha Ainun Nadjib, atau yang biasa disapa Cak Nun, menilai saat ini masyarakat tidak perlu banyak berharap kepada pemerintah. Sehingga ada anggapan. Pemerintah saat ini disibukkan dengan agenda kegaduhan politik, dibuat sibuk mengurusi berbagai kasus yang menjemukan. Misalnya kasus dugaan papa minta saham, konflik Golkar yang seolah tak berujung, masih belum mesranya KMP dan KIH (kubu Prabowo dan Kubu Jokowi), sejumlah elit masih saling menyalahkan dll. Sehingga agenda memikirkan kepentingan kebutuhan masyarakat seolah tertutupi.

“Kita bisa hidup tanpa pemerintah. Biarkan saja pemerintah itu ribut sendiri,” ujarnya saat menghadiri sebuah diskusi di salah satu kampus, Surabaya, Jumat, 1 Januari 2016.

Menurutnya, masyarakat Indonesia sudah terbiasa hidup sendiri. Tepatnya, tanpa mengandalkan bantuan pemerintah pun, masyarakat Indonesia sudah bisa mengurus dirinya sendiri.

Sebab, sejak awal bangsa Indonesia merupakan sebuah bangsa yang besar. Hal itu terbukti dari sejumlah sejarah yang telah dilalui oleh Indonesia.

Misalnya, dari pemilihan nama raja yang ada di Indonesia, tepatnya di Jawa yang bergelar Hamengkubuwono. Menurutnya, gelar itu merupakan gelar yang sangat besar, dan sarat makna.

“Hamengkubuwono itu artinya memangku dunia. Orang yang biasanya memangku itu adalah ibu kepada anaknya. Jadi wajar kalau saat ini bangsa Indonesia sedang dihina bangsa lain, karena kita memang ibu dari seluruh bangsa di dunia,” kata Cak Nun.

rel/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here