Tingkatkan Kapasitas Layanan Pelabuhan, PelindoIII Resmikan 4 Unit Container Crane

0
62 views
pelindo 1
penekanan tombol sirene oleh General Manager PT Pelindo III (Persero) Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana, Walikota Banjarmasin terpilih Ibnu Sina dan perwakilan dari Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin Kabid Kesyahbandaran Capt. Medy Yusuf Takaya, Msi. (ist)

Setelah mendatangkan empat unit Container Crane tipe ship to shore crane bulan november tahun lalu di Pelabuhan Banjarmasin, PT Pelindo III (Persero) secara resmi mengoperasionalkan alat tersebut di dermaga Terminal Petikemas Banjarmasin pada hari selasa (16/02). PT Pelindo III saat ini mengoperasionalkan delapan unit Container Crane dalam mendukung kegiatan operasional bongkar muat di pelabuhan Banjarmasin .

Acara peresmian operasional Container Crane yang diberi nama dengan CC 05, 06, 07 dan 08 tersebut dihadiri oleh beberapa tamu dari instansi pemerintahan, unsur maritim, asosiasi, perusahaan pelayaran, mitra kerja di wilayah Pelabuhan Banjarmasin. Kegiatan ini ditandai secara simbolis dengan penekanan tombol sirene oleh General Manager PT Pelindo III (Persero) Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana, Walikota Banjarmasin terpilih Ibnu Sina dan perwakilan dari Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin Kabid Kesyahbandaran Capt. Medy Yusuf Takaya, Msi.

Dalam sambutannya General Manager PT Pelindo III (Persero) Banjarmasin menjelaskan bahwa dengan beroperasinya empat unit Container Crane di Banjarmasin, diharapkan kinerja perusahaan semakin meningkat dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Kedatangan alat dari China ini untuk mempercepat proses bongkar muat dari yang biasanya hanya 25 box menjadi 35 box perjam. Sehingga proses bongkar muat lebih efisien dan diharapkan mampu menekan ongkos logistik. “Empat unit Container Crane merupakan persembahan Pelindo III kepada Kota Banjarmasin, sehingga dapat memperlancar arus logistik Nasional serta mendongkrak perekonomian di Kalimantan Selatan yang sempat turun karena lesunya permintaan batubara” ujar Hengki.

Ibnu Sina selaku Walikota Banjarmasin terpilih dalam sambutannya menjelaskan bahwa potensi petikemas Banjarmasin cukup bagus karena Pelabuhan Banjarmasin merupakan pelabuhan terbesar di kalimantan selatan dan dulu sempat menjadi bandar sebagai arus lalu lintas barang. “Saya ingin memaksimalkan Pelabuhan Trisakti beserta dengan infrastrukturnya dan berharap kota Banjarmasin kedepannya bisa lebih bersinar lagi” pungkasnya.

DCIM100MEDIADJI_0039.JPG
empat unit Container Crane tipe ship to shore crane bulan november tahun lalu di Pelabuhan Banjarmasin, PT Pelindo III (Persero) secara resmi mengoperasionalkan alat tersebut di dermaga Terminal Petikemas Banjarmasin.

Asisten Manager Hukum Humas PT Pelindo III (Persero) Banjarmasin Arief Yarmanto juga menambahkan bahwa Pelindo III telah bersinergi dengan pihak-pihak terkait di Banjarmasin dalam proses kedatangan Container Crane. “Terima kasih kepada para pihak yang turut membantu seperti KSOP Banjarmasin dan Stakeholder mulai kedatangan sampai crane ini siap beroperasi sepenuhnya” tuturnya di akhir acara.
Acara dilanjutkan dengan doa dan tasyakuran bersama seluruh pegawai dihalaman kantor PT Pelindo III (Persero) Banjarmasin dengan harapan selalu diberikan keselamatan dalam melakukan aktivitas operasional sehari-hari di Pelabuhan Banjarmasin.

Tentang Pelindo III

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) yang juga dikenal dengan Pelindo III adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam sector perhubungan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi yaitu JawaTimur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 10 anak perusahaan dana afiliasi.
Pelindo III menjalankan bisnis inti sebagai penyedia fasilitas jasa kepelabuhanan yang memiliki peran kunci guna menjamin kelangsungan dan kelancaran angkutan laut. Dengan tersedianya prasarana transportasi laut yang memadai, Pelindo III mampu menggerakkan serta mendorong kegiatan ekonomi Negara dan masyarakat.

 

rel/ida/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.