Pancasila Modal Unggulan Dalam Negara Bangsa Indonesia

0
51 views
Anggota MPR  Asdi Narang,SH,MH.COMM.LAW
Anggota MPR Asdi Narang,SH,MH.COMM.LAW

Barito Utara,Info Banua.Di tengah peristiwa yang sedang menghantui pergulatan kehidupan kita sebagai bangsa dan negara, yaitu dideranya oleh berbagai persoalan, bahkan situasi dan kondisi dunia dengan berbagai ancaman krisis energi, krisis pangan, bencana alam, pemanasan global, dan kerusakan lingkungan hidup yang membahayakan kelangsungan hidup manusia, serta krisis ekonomi global, telah tampak pada pergaulan dan pergumulan kehidupan kita.

Karena itulah, salah satu peran dan tugas anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat, selain menjalankan tugas sebagai wakil rakyat, juga memiliki kewajiban melakukan Sosialisasi Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara (Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika) yang dilaksanakan di Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah (16/2/2016).

Menurut Asdy Narang “situasi-situasi seperti itu, kalau tidak direspon dengan cepat dalam mekanisme kehidupan bernegara dan berbangsa, justru bisa dapat memperparah keadaan”.

“Pancasila sebagai ideologi negara dan falsafah negara bangsa Indonesia, menjadi modal unggulan negara bangsa ini, yang tidak dikalahkan oleh kepentingan-kepentingan kelompok”,tegasnya

Menurutnya, negara lahir dan berdiri, didasari oleh suatu cita-cita dan tujuan yang ingin diraihnya dalam penyelenggaraan bernegara.Karena itu, masyarakat wajib memiliki pijakan dan patokan nilai yang jelas untuk bertindak, yaitu Pancasila.

“Nilai-nilai Pancasila sebagai falsafah dan ideologi Nasional Negara Republik Indonesia, dapat terinternalisasi di dalam kehidupan bernegara dan berbangsa, melalui sosialisasi nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat membudaya di kalangan masyarakat,”jelasAsdyNarang. Dan lanjutnya,kebijakan-kebijakan penyelenggaraan pemerintahan tidak lepas bersandar pada nilai-nilaiPancasila.

“Politik kebangsaan dengan dimensi pembangunan yang berpijak dan berorientasi kepada pemerataan, atau pembangunan berwajah keadilan sosial, merupakan agenda yang mendesak dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara”,pungkasnya.

Indra Samsudin Noor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here