Penurunan Dana BOPTN Dapat Mengganggu Operasional Pendidikan Perguruan Tinggi

0
32 views
Anggota Komisi X Fraksi PKB Zainul Arifin Noor Dapil Kalimantan selatan I (Dok/IB)
Anggota Komisi X Fraksi PKB Zainul Arifin Noor Dapil Kalimantan selatan I (Dok/IB)

Jakarta,Info Banua.Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) merupakan hal yang penting untuk menunjang pendidikan tinggi. BOPTN, dapat menutupi kekurangan biaya operasional di perguruan tinggi, dengan tidak adanya kenaikan uang kuliah (SPP) dan menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada PTN.,jika ada penurunan BOPTN, dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap besaran UKT,demikian di kemukakan Anggota Komisi X DPRRI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Dapil kalimantan Selatan I Zainul Arifin Noor di Gedung DPRRI Senayan Jakarta belum lama ini.

BPOPTN dibutuhkan oleh mahasiswa  untuk menunjang pendidikan tinggi,kalau misalnya besaran BPOPTN semakin berkurang, dikhawatirkan Uang Kuliah Tunggal yang meningkat,” katanya.

BOPTN mengalami penurunan atau tidak sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi Negeri, dapat mengganggu proses belajar mengajar. Belum lagi, akibatnya adalah UKT akan meningkat, hal itu akan membebani mahasiswa dan orang tua mahasiswa”,jelas Zainul Arifin.

.Pemerintah seharusnya memperhatikan dana BOPTN ini meskipun harus mengalami peningkatan setiap tahunnya karena amanat UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi”,tegasnya.

Menurutnya,”penurunan dana BOPTN tidak harus terjadi karena dalam total pagu BOPTN di APBN TA 2016 sekurang-kurangnya sama dengan APBN Perubahan TA 2015, dan BOPTN pada masing-masing PTN sekurang-kurangnya sama dengan BOPTN yang diterima pada APBN Perubahan tahun 2015,”

“Revisi mengenai besaran BOPTN di tahun anggaran 2016 ini, akan kita bahas pada Mei nanti. Untuk revisi, kemungkinan kita meminta masukan– masukan dari berbagai pihak selaku pengguna BOPTN, yaitu perguruan–perguruan tinggi, sebenarnya bagaimana kondisi penurunan anggaran ini,” pungkas Zainul Arifin.

Indra Samsudin Noor

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here