Telkomsel Perkuat Jaringan Jelang Gerhana Matahari Total

0
27 views
Mobile Combat Telkomsel
Telkomsel sudah melakukan berbagai persiapan menjelang Gerhana Matahari Total seperti memaksimalkan kapasitas BTS dan menyiagakan Compact Mobile Base Station (COMBAT) di titik-titik keramaian tempat berkumpulnya massa

Fenomena alam Gerhana Matahari yang paling mengesankan dibumi akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Di Indonesia , fenomena langka yang akan berlangsung satu hingga tiga menit ini akan melintasi 11 provinsi yakni Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Peristiwa ini pernah terjadi pada 32 tahun lalu, yakni tahun 1983 dan diperkirakan akan kembali terjadi pada tahun 2046.

Telkomsel melakukan serangkaian persiapan jelang peristiwa Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, guna memastikan kualitas layanan seluler yang maksimal kepada pelanggan. Penguatan jaringan pun dilakukan di beberapa lokasi saat terjadinya peristiwa penting ini, seperti di Palembang, Linggau, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, Tidore, Halmahera (Maba), dimana Telkomsel mempredikasi akan terjadi peningkatan aktivitas pada layanan seluler seperti suara, SMS, dan khususnya pada layanan data.

Di beberapa lokasi, bahkan layanan Internet cepat Telkomsel 4G LTE pun sudah dapat dinikmati oleh pelanggan, seperti di Palembang, Belitung, Balikpapan & Palu. Hal ini akan memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada pelanggan, dimana aktivitas menggunggah foto dan video akan terjadi dengan lebih cepat, sehingga pelanggan dapat berbagi momen istimewa peristiwa Gerhana Matahari Total secara real-time.

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi mengatakan, “Peristiwa Gerhana Matahari Total ini menarik perhatian tidak hanya dari turis dalam negeri namun juga mancanegara. Untuk itu sangat penting bagi kami menjaga kestabilan jaringan agar pelanggan tetap dapat menggunakan layanan kami dengan nyaman, sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi di lokasi-lokasi yang dilewati.”

“Dibandingkan dengan hari normal, lalu lintas layanan data diperkirakan akan mengalami lonjakan yang cukup tinggi bahkan hingga lebih dari 200% di beberapa lokasi. Hal ini disebabkan oleh perilaku masyarakat saat ini yang senang untuk menggunggah momen-momen penting ke social media dalam bentuk foto atau video melalui ponselnya”, jelas Sukardi.

Untuk menghadapi hal tersebut, Telkomsel sudah melakukan berbagai persiapan seperti memaksimalkan kapasitas BTS dan menyiagakan sebanyak 10 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) di titik-titik keramaian tempat berkumpulnya massa untuk melihat Gerhana Matahari Total. Tidak lupa pengamanan jaringan juga dilakukan di hotel-hotel tempat wisatawan menginap. Secara total sebanyak 229 BTS dioptimalisasi, yang tersebar di 37 PoI (Point of Interest) atau spot-spot utama yang akan dipadati oleh wisatawan.

Di Kalimantan sendiri, menurut General Manager ICT Telkomsel Regional Kalimantan – Ardhiono Trilaksono Untuk memberikan layanan telepon dan data yang maksimal di kota kota yang dilalui lintasan gerhana matahari,, team nya memasang 3 unit Mobile Combat yang ditempatkan 2 di Lapangan Merdeka Balikpapan Kalimantan Timur dan 1 di kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Selain itu juga melakukan optimalisasi di 40 BTS serta penambahan penambahan kapasitas radio dan transport di beberapa BTS untuk mendukung spot-spot yang menjadi titik keramaian dan pemantauan gerhana.

Selain jaringan, Menurut GM. Marketing Area Pamasuka – Ricky E Pangabean, Telkomsel juga memberikan dukungan disetiap kegiatan yang dilakukan Makassar, Ternate, Palu, Balikpapan dan Palangkaraya, mulai dari kegiatan culture budaya, jalan sehat hingga hiburan rakyat. Tentunya lalu lintas layanan data saat momen ini menjadi konsumsi utama bagi setiap wisatawan nasional dan mancanegara.

Kami melakukan serangkaian aktivitas untuk memastikan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data. Telkomsel memberikan kemudahan dengan membuka booth layanan di beberapa titik untuk membantu pelanggan mempermudah akses dalam memenuhi kebutuhan data. Dengan melakukan pengisian data senilai 100 ribu pelanggan mendapatkan tambahan pulsa regular senilai 20 ribu” ungkap Ricky.
Telkomsel mengajak kepada seluruh pelanggan untuk mengabadikan setiap momen gerhana matahari melalui program Solar Eclipse dengan mengupload foto ke sosial media dengan #TselEclipse dan memfollow instagram @Tsel4u. Program ini mulai berlaku tanggal 1 hingga 12 Maret dan tersedia hadiah 1 unit Dji Osmo, 2 unit Samsung Galaxy A5 dan 3 unit Xiaomi Yi Cam.
Untuk mengikutinya pelanggan cukp melakukan registrasi melalui SMS ketik TSELECLIPSEAkun Social Media kirim ke 3963. Hasil foto diupload melalui social media Twitter/Instagram atau social media lain yang di-sinkronkan ke akun Twitter/Instagram peserta. Momen yang diperlombakan adalah unique culture, human interest, keindahan dari gerhana matahari dan event yang digelar oleh Telkomsel dalam menyambut gerhana matahari.

rel/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here