Kinerja Positif Pelindo III di Tengah Kelesuan Ekonomi

0
41 views

DCCver0077

 

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau yang lebih dikenal sebagai Pelindo III pada triwulan I 2016 mencatatkan kinerja yang cukup baik di bidang jasa kepelabuhanan di Banjarmasin. Untuk bidang petikemas di Pelabuhan Banjarmasin tercatat ada kenaikan arus petikemas dari 95.304 twenty foot equivalent units (TEUs) pada triwulan I 2015 menjadi 99.464 twenty foot equivalent units (TEUs) pada triwulan I 2016  atau mengalami kenaikan sekitar 4 %.

 

Arus barang di Pelabuhan Banjarmasin mengalami kenaikan cukup tipis dari 198.977 Ton pada triwulan I 2015 menjadi 201.568 Ton pada triwulan pertama tahun ini. Sedangkan arus kapal yang bersandar di Pelabuhan Banjarmasin mengalami penurunan dari 1.100 unit kapal menjadi 952 unit kapal pada triwulan pertama tahun 2016. Kondisi perekonomian dan pasar sejumlah negara yang mengalami kelesuan ekonomi turut berpengaruh pada penurunan kunjungan kapal tersebut.

 

Kinerja bongkar muat petikemas juga turut mengalami peningkatan. General Manager Pelindo III Banjarmasin, Hengki Jajang Herasmana mengungkapkan “Kami patut berbangga bahwa semenjak kedatangan 4 buah Container Crane (CC), kecepatan bongkar muat petikemas di Pelabuhan Banjarmasin mengalami peningkatan cukup signifikan dimana untuk Box/Crane/Hour (B/C/H) meningkat dari triwulan I 2015 rata-rata 19,06 menjadi  rata-rata 23,08 pada triwulan I 2016 ini. Sedangkan Box/Ship/Hour (B/S/H) meningkat dari 21,08 menjadi 25,09 pada triwulan I 2016”. Ditambahkan Hengki, angka pencapaian kinerja bongkar muat ini melampaui dari target yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) yaitu 20 Box/Crane/Hour.

 

Sebagai lanjutan dari rencana peningkatan kapasitas bongkar muat, Pelindo III juga akan mendatangkan enam buah Rubber Tyre Gantry (RTG) lagi pada tahun ini. “Kita cukup optimis dengan perekonomian di Kalimantan Selatan sehingga manajemen Pelindo III mau mendatangkan tambahan 6 unit RTG

 

Menanggapi pemberitaan tentang hanya 3 buah RTG yang bisa beroperasi di Pelabuhan Banjarmasin, Manajer Terminal Petikemas Pelindo III Banjarmasin, Hermani Gunawan, membantah hal tersebut. Berdasarkan pengecekan di lapangan, hanya dua buah RTG yang tidak beroperasi yaitu RTG-05 dan RTG-07. “Memang benar ada RTG yang mengalami kerusakan, namun tidak sebanyak yang diberitakan. Dari 13 RTG yang ada di Pelabuhan Banjarmasin, hanya dua unit yang mengalami kerusakan dan diperkirakan untuk RTG-07 sudah bisa beroperasi besok (hari ini)  07 April 2016. Sedangkan RTG-05 diperkirakan akan selesai perbaikan pada 14 April 2016 ” ungkap Hermani.

 

Ditambahkan Hermani, pihaknnya selalu melakukan rapat kesiapan alat setiap hari sehingga apabila ada kondisi alat mengalami kerusakan akan segera diketahui dan diantisipasi dalam kegiatan operasional bongkar muat petikemas di lapangan. “Apabila RTG mengalami kerusakan, kita mengantisipasi dengan menyediakan Reach Stacker (RS) untuk kegiatan bongkar muat di lapangan penumpukan. Untuk pemeliharaan alat, kita bekerjasama dengan vendor untuk maintenance alat sehingga bila mengalami kerusakan, segera dilakukan  perbaikan” tutup Hermani.

 

Rel/infobanua

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here