Semangat Hari Kartini, Pelindo Banjarmasin Wujudkan Wanita Indonesia Hebat

0
52 views

kartini pelindo 1 kartini pelindo 2

“ Selamat hari Kartini untuk semua perempuan hebat Indonesia”. Itulah tema hari Kartini yang digelorakan oleh Pelindo III di Banjarmasin pada hari Kamis 21 April 2016.

Raden Adjeng Kartini atau lebih tepat Raden Ayu Kartini, lahir di Jepara tanggal 21 April 1879. Beliau adalah seorang pahlawan wanita pejuang emansipasi bagi kaum wanita. Seorang sosok pejuang wanita yang gigih untuk memperjuangkan kaumnya, yaitu kaum wanita yang ketika jaman beliau dulu wanita selalu dipandang sebagai kaum lemah yang tugasnya hanya bekerja didapur dan mengurus rumah tangga. Tapi berkat beliau kaum wanita bisa menunjukkan bahwa mereka juga adalah kaum yang menentukan, pantas untuk memimpin dan revolusioner. Segenap pemikirannya yang tertuang dalam buku berjudul Door Duisternis tot licht ( Habis Gelap Terbitlah Terang) menjadi bukti bagaimana perjuangan Kartini mengangkat harkat dan martabat kaumnya.

Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April tahun ini diperingati oleh Pelindo III Banjarmasin dengan seluruh pegawai wajib mengenakan baju adat pada hari tersebut. Peringatan hari Kartini tahun ini juga dimeriahkan dengan acara foto bersama dan narsis bersama di area photobooth yang telah disediakan dan lomba fashion show bagi seluruh pegawai Pelindo, dan pegawai pensiunan Pelindo. Acara tersebut diadakan oleh Perispindo (Persatuan Istri Pegawai Pelindo) Unit Kerja Banjarmasin bertempat di Ruang Barito Kantor Pelindo III Banjarmasin

Risa Hengki Jajang selaku Ketua Perispindo Unit Kerja Banjarmasin mengatakan “Peringatan Hari Kartini tahun ini selain untuk mengenang jasa R.A Kartini sebagai pahlawan kaum wanita juga dimaksudkan untuk terus menumbuhkan spirit kaum wanita dalam eksistensi dan perannya guna ikut serta dalam memajukan bangsa” “Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan silaturahmi keluarga besar Pelindo III Banjarmasin” tambahnya.

Selain mengadakan acara-acara tersebut, pada tahun ini salah satu kartini Pelindo III juga ingin membuktikan bahwa perempuan juga berani kerja di lapangan. Stigma bahwa perempuan adalah sosok penakut dan lemah ingin coba dipatahkan oleh Putu Astari Dwi Utami. Perempuan yang sehari-hari berada di belakang meja sebagai Supervisor PerencanaanTerminal Petikemas Banjarmasin bisa membuktikan bahwa perempuan berani menjalankan dan bisa mengoperasikan alat berat.

Tidak tanggung-tanggung, Putu Astari langsung mencoba ikut mengoperasikan alat bongkar muat petikemas berupa Container Crane. Dengan ditemani operator yang bertugas di CC-05 dan lengkap menggunakan alat pelindung diri (APD) , Putu belajar bagaimana mengoperasikan CC-05 dalam bongkar muat. “Saya sering naik ke atas Container Crane ini, tapi jujur ini baru pertama kalinya saya mengoperasikan alat ini.” Ungkap Putu. “Kartini sebagai wanita yang berpikiran maju pada zamannya sudah sepatutnya kita teladani. Tidak menutup kemungkinan nanti pekerja pelabuhan yang di lapangan didominasi para Kartini-Kartini pelabuhan.” tutupnya.

rel/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here