Tingkatkan Daya Serap Pembelian Gabah Hasil Panen Petani Saat Musim Panen 

0
30 views

 

H.Acep Adang Ruhiat,M.Sc,Anggota Komisi IV DPRRI,Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa
H.Acep Adang Ruhiat,M.Sc,Anggota Komisi IV DPRRI,Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa.

Jakarta,Info Banua.Musim panen padi saat ini telah mulai,di beberapa daerah telah melakukan panen raya dengan hasil padi yang cukup melimpah.Pemerintah di harapkan dapat menyerap dan melakukan pembelian hasil panen tersebut dengan harga yang pantas,guna menjaga stabilitas harga disaat musim panen ,demikan di kemukakan Anggota Komisi IV DPRRI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Acep Adang Ruhiat,di Jakarta Rabu (13/4).

Menurutnya,” sudah menjadi rahasia umum setiap musim panen harga gabah di tingkat petani sering mengalami penurunan akibatnya petani d rugikan,bukannya untung malah rugi,ulah dari para tenggulak yang bermain di saat musim panen”.

“Hasil panen yang seharusnya di nikmati keuntungannya oleh para petani,akibat adanya permainan harga oleh pihak tertentu yang sengaja,petani malah menjadi rugi,”katanya.

Pemerintah pusat melalui Perum Bulog dan pemerintah daerah sagat berperan besar dalam menjaga stabilitas harga di tingkat petani  ,jangan sampai harga di saat musim panen mengalami penurunan dari harga yang telah di tetapkan pemerintah.

Dijelaskannya,”Jika harga mengalami penurunan,besar kemungkinan petani pasti akan mengalai kerugian,ini bisa menimbulkan ke engganan petani untuk menjual hasil panennya dan menyimpan hasil panen menunggu harga gabah meningkat”.

Jika petani menahan hasil panennya dan memilih untu kemyimpan hasil panen,maka beras akan mengalami kelangkaan di tengah musim panen,ini akan merugikan masyarakat,jelasnya.

“Pemerintah harus meningkatkan pembelian gabah saat musim panen dan menjaga kestabilan harga di tingkat petani jangan sampai petani di rugikan”,pungkasnya.

 

Indra Samsudin Noor

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here