XL Kembangkan IoT, Incar 200 Ribu Pelanggan Baru

0
33 views

XL_IOT2
PT XLAxiataTbk (XL) semakin serius mengembangkan bisnis Internet of Thing (IoT) di 2016 ini. Mengambil langkah lebih maju dari tren industri, XLtahun ini akan lebih focus mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT. Ekosistem di sini merujuk pada kemampuan menciptakan solusi atas kebutuhan industry dan masyarakat dengan jalan menggabungkan berbagai ragam perangkat yang ada di sekitar kita. Dengan terobosan ini, XL menargetkan setidaknya akan mampu menambah 200 ribu pelanggan IoT yang baru hingga akhir tahun nanti.

Vice President Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani, mengatakan, “Kemajuan teknologi digital yang sangat pesat menjadi tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan. Layanan IoT kini muncul sebagai solusi yang menjadi trend di hamper semua sector bisnis. IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital, yang selanjutnya menawarkan sejumlah peluang dan tantangan baru bagi kalangan bisnis, pemerintahan, dan juga konsumen perorangan.”

Rafael Jeffry A. Sani menambahkan, untuk 2016, XL menargetkan meraih sekitar 200 ribu pelanggan baru untuk layanan IoT. Untuk itu, XL sudah menyiapkan “senjata”. XL berusaha selalu selangkah lebih maju dibandingkan pelaku bisnis lainnya. Ketika mereka masih berfokus dengan komunikasi device to device (M2M), XL sudah mengembangkan lagi ekosistem dengan menyiapkan single platform yang sudah dilengkapidenganAplikasi, device, network, yang di butuhkanolehpelanggan.

Dalamimplementasinya, adabeberapalayanan yang sudahdipersiapkangunamenghadapitahun 2016.Pertama, “Yubox”. Solusiinimenawarkankemampuandalammenyediakankoneksi internet wifi plus kontenhiburanberupamusik, video, games, sertaaplikasi yang dapatdiaksesataudiunduhsecara gratis.Saatini “Yubox” sedang di ujicobapadasaranatransportasiumumkeretaapi, bus, serta armada “GrabCar” dari Grab Indonesia.

Kedua, “Savvy Smarthome”. Solusiinimerupakansolusi yang menghadirkankenyamanandankeamananpadarumahtinggal.Denganmengandalkan sensor-sensor yang terintegrasidenganaplikasi digital, sehinggamemudahkankitauntukmemantaukeadaanrumah.Saatini, layananinovatifinisedangujicoba di apartemen The Residence at Synthesis Square danakandikembangkanjugauntukApartemenBassura City.

Selanjutnya, adajugasolusi “Smartcity”.Solusiberupaplatforminiakanmenawarkankemudahanbagi pemerintahdaerahdanwarganyauntukbisamempermudahaksesinformasiseputarkebijakanpemerintahsetempatmengenaiberbagaisektor, kondisikota, layananpublik, termasukjugaupayamenggalangpartisipasipublikdalam proses pembangunandaerah. Terakhir, layanan “Agnosthings”.Solusiiniberupa platform yang menyediakansemuakebutuhanpelanggan (e2e solution).Melaluisolusiini, pelangganataumasyarakatakanbisamengetahuiinformasiseputarkota, sepertiantaralain lokasirumahsakitterdekat, kantorpolisi, halte bus, stasiunkereta, danjugakantorlayananpublik, semacamkantorpajak, layananlistrikdan air.

XLjugamenerapkanberbagaikonfigurasiteknologiuntukmenunjangvisiIoTtahun 2016.Beragamteknologisalingterhubungmulaidari level device atau sensor, network, aplikasiatausolusi, juga platform. XLmenerapkanprinsip, bahwasalahsatuperanutamalayananIoTadalahsebagai platform yang didukungjaringan yang mumpuniuntukmenciptakansuatusolusi yang akanmenjadi modal besaruntukkesuksesanlayananIoTtersebut.

XLjugaakanterusmengembangkanpasardenganmenyasarkesektorindustri yang baru. XLakanmasukkesektor logistic, transportasi, utility, finansial, smart cities, layananpublik, manufaktur, dansupply chain. Pasarpelanggansektoor retail jugaakansemakindikembangkanmulaikuartalketiga. XLberharap, tahuninibisapendapatandariIoTbisatumbuh 2 kali daritahunsebelumnya.

Untukkalanganindustri, XLjugamasihmenawarkansolusiuntuktujuanefisiensi, yang memangmenjadikebutuhanmereka.SolusiuntukefisiensisudahdiusungXLsejakawallayananIoTmasihsebagailayanan M2M (machine to machine).Inovasi yang ditawarkanXLmampubukansajameningkatkanproduktivitas, namunsekaligusmendukungupayaefisiensi.Dalamhalini, melaluiIoT, XLmenunjukkanbahwateknologibisadimanfaatkansecaraefektifuntukmendukungaktivitasbisnis.

Sementaraitu, darisisiteknologi yang diterapkanuntukIoT, XLakanterusmemaksimalkanpemanfaatanlayanan internet cepat 4G LTE. Semakinluasnyajangkauanlayanan 4G LTE akanmempermudah XLmengembangkanlayananIoT, termasukmenyediakansolusibagipelanggan di berbagaidaerah di Indonesia. Tersedianyaakses internet cepattentuakansangatmempengaruhikualitaslayanan, terutamadalamhalkecepatanmengakses data, yang menjadibagiandarisolusiIoT. Saat ini layanan IoT XL didukung pula dengan tersedianyainfrastruktur jaringan fiber optic sepanjang lebih dari 40 ribu km yang menghubungkan berbagai pulau di Indonesia serta lebih dari 58 ribu BTS 2G/3G/4G (Base Transceiver Station).

Hinggakuartalpertama 2016, layananIoTXLmemilikisekitar 650 ribupelanggan.Sebagianbesarmerupakanpelanggandarilinibisnis, terutamasektorotomotif, utility, sertafinansialdanperbankan.Ada 6 produk yang sudahditawarkan, yaituYubox, SIMPLY, SAVVY Smarthome, Multi Carrier Access (MCA), XLocate, danXmartCity.

rel/infobanua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here