Petani Kabupaten Barito Timur Memperoleh Bantuan Di Hari Ulang Tahun Kabupaten

0
74 views
Anggota DPRRI Komisi IV Fraksi Partai Nasdem Dapil Kalimantan Tengah H.Hamdhani,S.IP,Serahkan Bantuan Alsintan,Selasa (9/8/2016).
Anggota DPRRI Komisi IV Fraksi Partai Nasdem Dapil Kalimantan Tengah H.Hamdhani,S.IP,Serahkan Bantuan Alsintan,Selasa (9/8/2016).

Barito Timur,Info Banua.Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Barito Timur menerima bantuan dua belas alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian.

Anggota Komisi IV DPR RI asal daerah pemilihan Kalteng Hamdhani didaulat menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis seusai upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Bartim di halaman kantor bupati, Tamiang Layang, Selasa (9/8/2016).

Penyerahan bantuan disaksikan Bupati Ampera Y Mebas dan para kepala daerah yang menjadi undangan upacara HUT ke-14 Bartim, antara lain, Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi Kalteng Ketut Widi Wirawan, Bupati Barito Utara Nadalsyah, Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph, serta para ketua DPRD kabupaten di wilayah timur Kalteng.

Ditemui seusai upacara, Hamdhani berharap setelah alsintan disalurkan langsung ke petani, lahan telantar dan menganggur di Kalteng akan semakin sedikit.

Dengan adanya alsintan tersebut petani di Bartim mampu meningkatkan produktivitas. Lewat penguasaan teknologi, sambung Hamdhani, petani juga akan mampu menekan biaya produksi sehingga bisa meningkatkan pendapatan yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Bantuan alsintan ini adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah dan DPR terhadap kesejahteraan petani kita,” ujar politikus Partai Nasdem ini.

Sebagai anggota Komisi IV DPR RI yang bermitra dengan Kementan, Hamdhani mengaku perlu memastikan bantuan dari pusat tersalur ke Kalteng. Apalagi, pembangunan pertanian berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional adalah salah satu program Nawa Cita pemerintahan Jokowi-JK.

“Kalteng, termasuk juga Kabupaten Bartim, menjadi salah satu daerah yang diproyeksi menjadi sumber produk pangan nasional lewat program perluasan lahan pertanian berkelanjutan itu,” papar Hamdhani.

Di acara yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Bartim Riza Rahmadi menerangkan, ke-12 alsintan yang diserahkan berupa dua uit hand tractor,dan 10 rice transplanter.

Penyerahan bantuan 12 alsintan di Bartim disebutnya sebagai realisasi janji Kementan menyalurkan 100 ribu alsintan di tahun 2016. Dari jumlah tersebut, petani di seluruh kabupaten/kota di Kalteng paling tidak akan menerima 200-an alsintan.

 

Indra Samsudin Noor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.